Peristiwa

Mensos Risma Kirim 3 Truk Bantuan untuk Korban Gempa di Lumajang dan Malang

Menteri Sosial Tri Rismaharini bersama Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meninjau sekolah rusak terdampak gempa di MAN 2 Turen, Malang.

Malang (beritajatim.com) – Menteri Sosial Tri Rismaharini bersama Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meninjau sekolah rusak terdampak gempa di MAN 2 Turen, Malang. Dia datang untuk melihat langsung reruntuhan bangunan akibat goyangan gempa bermagnitudo 6,1 pada Sabtu kemarin.

Risma mengungkapkan, untuk penanganan sementara Kemensos mengirim bantuan logistik sebanyak 3 truk untuk warga terdampak gempa. 1 truk dikirim ke Lumajang dan 2 truk dikirim ke Kabupaten Malang.

“Bantuan logistik sudah dikirimkan. Yaitu 2 truk di Kabupaten Lumajang dan 1 truk di Kabupaten Malang. Kami juga sudah mendirikan posko pengungsi dan dapur umum,” kata Risma, Minggu (11/4/2021).

Risma mengatakan, untuk sementara demi keamanan warga terdampak akan ditempatkan di posko pengungsian. Rencana awal Menko PMK akan dibangun 13 titik pengungsian. Tetapi setelah melakukan berbagai pertimbangan disepakati hanya 2 posko yang didirikan.

“Warga yang rumahnya menghawatirkan agar diungsikan dulu. Alhamdilillah tadi mereka mau mengungsi. Sudah dipilih tadi tempatnya dilapangan sepak bola. Nanti akan didirikan tenda dan dapur umum. Tadinya ada 13 tapi akan kita bangun 2 saja,” ujar Risma.

Risma mengatakan, status posko pengungsian akan terus didirikan sampai BMKG selaku otoritas yang berwenang menyatakan bahwa kondisi aman dari gempa susulan di wilayah Malang.

“Nanti kita lihat posko pengungsian ini sampai BMKG menyampaikan bahwa kondisi aman. Baru di putuskan langkah selanjutnya,” tandas Risma. [luc/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar