Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Mengenang Kehebatan Lyon di Ligue 1 yang Juara Selama 7 Musim Beruntun

Twitter @OL

Surabaya (beritajatim.com) – Era sepakbola Perancis tahun 2000an Lyon jadi klub yang begitu mendominasi Ligue 1 dengan torehan 7 gelarnya secara beruntun. Namun berbeda dengan PSG, saat itu Lyon membangun tim bukan dari gelontoran uang yang melimpah, melainkan dengan proses tim.

Olympique Lyon sendiri merupakan klub dari kota Lyon yang telah berdiri pada tahun 1950. Namun jauh sebelum itu Lyon sebenarnya sudah ada meski hanya berstatus sebagai klub semi-profesional. Kemudian demi mengejar prestasi yang lebih tinggi, petinggi klub kemudian mengubah menjadi klub profesional di tahun 1950.

Ligue 1 Prancis memang terkenal dengan liga yang selalu menghadirkan satu klub yang mendominasi pada tiap dekadenya. Pada era 60an hingga 70an Saint Etienne mendominasi dengan 8 kali juara, lalu Bordeaux di era 80an, Marseille di era 90an, Lyon di era 2000an, dan saat ada PSG menguasai sejak era 2010an.

Terkhusu Olympique Lyon, semua gelar Ligue 1 yang diraih terjadi saat mereka mendominasi di era 2000an. Meski saat itu mereka bukanlah klub kaya raya layaknya PSG namun Lyon membuktikan bahwa mereka juga bisa meraih gelar dengan semangat juang yang tinggi.

Pada era 80an Lyon diakuisisi oleh Jean-Michel Aulas yang membangun kejayaan Lyon. Meski belum bisa membawa juara namun setidaknya Lyon konsisten di kasta tertinggi Liga Prancis. Gelar juara baru dimulai pada musim 2000/01 saat menunjuk Jacques Santini sebagai pelatih baru.

Santini lalu berhasil membawa Lyon juara Ligue 1 pada musim selanjutnya. Mulai saat itu hingga 7 musim selanjutnya Lyon terus menjadi juara Ligue 1 secara beruntun. Dalam meraih 7 gelar tersebut Lyon dilatih oleh 4 pelatih berbeda. Selain Santini, mereka yang membawa Lyon meraih gelar yaitu Gerard Houllier, Alain Perrin dan Paul Le Guen.

Kunci kesuksesan Lyon mendominasi Ligue 1 saat itu adalah kehadiran sejumlah punggawa timnas Prancis di skuad seperti nama Gregory Coupet, Eric Abidal, Florent Malouda, Sidney Govou hingga Karim Benzema. Belum lagi para pemain asing yang juga menjadi tumpuan utama, seperti Juninho, Edmilson, maupun Michael Essien.

Namun sayang, kini Lyon seperti kesulitan guna kembali meraih juara Ligue 1. Apalagi sejak PSG yang menjadi klub kaya baru membuat klub-klub Prancis lainnya, termasuk Lyon, kesulitan untuk bersaing. Meski musim lalu Lille berhasil mematahkan dominasi PSG. Namun, sepertinya untuk musim ini dan selanjutnya gelar juara Ligue 1 kemungkinan besar kembali melawat di kota Paris.[dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar