Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Menakjubkan, Pasir Ini Dapat Bernyanyi Hingga Mendengkur Seperti Manusia

Lokasi gurun Singing Sand Dunes Qatar. (Pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Pernah tau nggak sih jika sebenarnya alam dapat bernyanyi? Iya tidak hanya manusia ataupun hewan tertentu saja yang dapat bersenandung, melainkan tempat-tempat ini dapat mengeluarkan suara seperti orang sedang bernyanyi.

Suara yang terdengar pun tidak menyeramkan, malahan bisa dikatakan unik karena terkadang terdengar berbisik hingga mendengkur. Selain itu suara tersebut juga dapat didengar hingga jarak 10 kilometer dan biasanya bertahan hingga 15 menit.

Hal ini memang seperti dikatakan oleh Marco polo bahwa ada pasir yang bisa bersuara. Ia menganggap suara-suara bergemuruh itu berasal dari roh gurun pasir yang jahat. Tidak hanya itu, bukit pasir tersebut diketahui melakukannya setiap hari. Nah berikut deretan pasir yang bersuara di penjuru dunia yang wajib Anda ketahui:


1. Kelso Dunes dan Eureka Dunes

Kelso Dunes dan Eureka Dunes merupakan dua dari tujuh pasir bersuara yang ada di Amerika Utara. Kedua tempat ini juga populer menjadi destinasi pendakian, pemotretan fashion sampai syuting film.

Cara terbaik untuk membuat pasir mengeluarkan bunyi dentuman ialah dengan membuat kelompok besar di puncak dan pada saat yang sama mencoba untuk mendorong pasir sebanyak mungkin, seperti longsoran salju.

2. Barking Sands Hawaii

Ada juga, Barking Sands Beach adalah bagian dari Polihale State Park seluas 140 hektare yang merupakan salah satu pantai terpanjang di Hawaii. Pasir membentang lebih dari 12 mil dan termasuk bukit pasir yang menjulang setinggi 100 kaki.

Pergerakan massa pasir inilah yang memberi nama pantai yang aneh, lantaran butir pasir kering mempunyai lubang mikroskopis yang menyebabkan gema ketika bergerak maupun terdapat gesekan. Suara yang mereka ciptakan seperti anjing menggonggong.

Pantai dimulai di Kekaha tetapi beberapa mil terlarang dikunjungi karena pangkalan militer di Pacific Missile Range Facility

3. Singing Sand Dunes Qatar

Berikutnya pasir ini terletak di Qatar dengan area seluas kurang lebih 100 km persegi terdapat bukit pasir setinggi sekitar 60 meter yang jika tertiup angin bakal menyuarakan suara dengan vibrasi yang beragam.

Sebaiknya untuk datang ke sini pada hari yang berangin. Jika angin sangat kencang, wisatawan bahkan dapat mendengar siulan samar yang membuat tempat ini semakin misterius. Datang satu atau dua jam menjelang matahari terbenam juga disarankan. (Frs/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev