Peristiwa

Melintas di Tuban, 100 Sopir Dites Urine, Ini Hasilnya

Tuban (beritajatim.com) – Petugas gabungan dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban bersama dengan Polres Tuban, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan juga TNI menggelar Operasi Simpatik Bersih Narkoba yang berlangsung di kawasan Terminal Baru, Kabupaten Tuban, Sabtu (25/5/2019).

Dalam operasi tersebut ditekankan untuk melakukan tes urine kepada para pengemudi baik kendaraan penumpang umum maupun kendaraan barang yang melintas di jalur Pantura Tuban. Adapun hasilnya, tidak ditemukan sopir yang terindentifikasi menggunakan narkoba.

Pantauan beritajatim.com, operasi Simpatik Bersih Narkoba itu dilakukan dengan memeriksa tes urine dari pengemudi bus maupun kendaraan umum lainnya. Semua kendaraan dimasukkan ke dalam terminal baru Tuban untuk dilakukan pemeriksaan mulai sopir dan juga kondekturnya.

“Operasi ini dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan rasa aman dan keselamatan kepada penumpang menjelang arus mudik.┬áSecara sampling pengemudi kendaraan umum kita lakukan tes urine,” terang Kepala BNNK Tuban AKBP I Made Arjana.

Selain melakukan tes urine kepada para sopir dan juga kondektur bus antar provisi, petugas gabungan juga memeriksa barang-barang milik penumpang. Selain itu kelengkapan surat-surat kendaraan serta kelayakan kendaraan juga dilakukan pemeriksaan secara detail menjelang arus mudik.

“Ada sebanyak 100 sampling pengemudi angkutan umum yang kita lakukan tes urine, dan hasinya negatif semua. Intinya, pada kegiatan ini kita ingin memberikan kenyamanan kepada para penumpang,” tambah Kepala BNNK Tuban.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono yang ikut dalam razia itu menambahkan, razia gabungan menjelang arus mudik itu juga untuk memastikan kelayakan kendaraan umum untuk angkutan lebaran. Selain itu, untuk menciptakan situasi yang kondusif, petugas juga memeriksa barang bawaan.

“Selain tes urin, kita juga melakukan pengecekan terhadap barang bawaan penumpang, surat-surat kendaraan serta kelayakan kendaraan. Dan tidak ditemukan hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar