Peristiwa

Material Longsor di Pacet Mojokerto Dibersihkan

Petugas BPBD Kabupaten Mojokerto bersama TNI/Polri, Dinas PUPR dan potensi relawan membersihkan material longsor. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Material longsor di Dusun Kambengan, Desa Cempokolimo, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, dibersihkan. Evakuasi material ini melibatkan berbagai unsur.

Diantaranya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto dibantu TNI/Polri, Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mojokerto, potensi relawan dan masyarakat.

Kapolsek Pacet, AKP Tony Hermawan mengatakan, hujan menguyur wilayah Pacet sejak, Selasa (2/2/2021) sore. “Tadi ja empat sore mulai hujan lebat sampai jam setengah delapan malam. Ada laporan masyarakat jika jalan dari Pacet arah dari Trawas khususnya di Desa Cempokolimo tepatnya setelah Desa Made terjadi longsor,” ungkapnya.

Material longsor memakan badan jalan sehingga untuk sementara petugas mengalihkan arus lalu-lintas. Petugas dari BPBD, TNI/Polri, Dinas PUPR, dibantu potensi relawan, PMI dan masyarakat mengevakuasi material longsor berupa pasir dan tanah dari bahu jalan yang menutup jalan.

“Yang ringan saja dicangkul. Untuk yang berat seperti pohon tumbang dan akar pohon menunggu alat berat. Mudah-mudahan tidak terjadi hujan lagi. Kalau tidak turun hujan, aman. Tapi kalau hujan, di atas ada kayu. Setelah pembersihan ini, akan kita bersihkan yang bagian atas,” katanya.

Menurutnya, di wilayah Pacet sering terjadi longsor namun masih dalam kategori ringan. Hanya saja, longsor kali ini menutup akses jalan sehingga pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait. [tin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar