Peristiwa

Masyarakat Sidoarjo Terima Bantuan Produk Perikanan

Sidoarjo (beritajatim.com) – Meski pandemi Covid-19, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Jawa Timur bersama Forikan Kabupaten Sidoarjo terus kampanye Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan).

Kampanye Gemarikan dihadiri langsung oleh Ketua Forikan Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak. Kedatangannya disambut baik oleh Ketua Forikan Kabupaten Sidoarjo Hj. Turidatus Salimah bersama pengurusnya.

Berbagai kegiatan dilakukan dalam Kampanye Gemarikan yang diselenggarakan di kantor Kecamatan Sedati tersebut, Selasa, (4/8/2020). Seperti sosialisasi untuk meningkatkan konsumsi makan ikan kepada anak SD serta lomba masak serba ikan.

Selain itu pemberian bantuan berbagai produk perikanan kepada masyarakat Sidoarjo juga dilakukan. Antara lain berupa produk olahan hasil ikan serta produk kaleng olahan ikan dan ikan segar. Selain itu juga diberikan masker. Masing-masing bantuan diberikan sebanyak 150 paket.

Hj. Turidatus Salimah mengatakan Kampanye Gemarikan terus menerus digaungkan. Angka konsumsi makan ikan akan terus ditingkatkan. Pasalnya masih banyak balita yang membutuhkan asupan protein hewani terutama ikan.

Turidatus mengungkapkan angka stunting tahun 2019 lalu di Kabupaten Sidoarjo sebesar 11,09 persen. Terdapat delapan kecamatan di Kabupaten Sidoarjo dengan prioritas penurunan stunting. Salah satunya Kecamatan Sedati.

“Oleh karenanya berbagai kegiatan Kampanye Gemarikan akan terus dilakukan. Sosialisasi pencegahan stunting dan rawan gizi juga dilakukan dalam Kampanye Gemarikan seperti ini,” katanya.

Istri Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Saifuddin SH tersebut berharap program seperti ini akan memberikan dampak positif kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

Ketua Forikan Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak mengatakan konsumsi ikan sangat bagus untuk sumber gizi. Terutama untuk otak dan jantung.

Oleh karenanya masyarakat diharapkan dapat memberikan sumber gizi terbaik bagi anggota keluarganya. Seperti terbiasa mensajikan olahan ikan untuk di konsumsi. “Dengan kebiasaan seperti itu diharapkan konsumsi ikan kepada anak-anak akan meningkat,” terang Arumi. [isa/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar