Peristiwa

Masyarakat dan BPBD Pamekasan Kompak Potong Pohon Tumbang

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah warga bersama petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, melakukan evakuasi dan pemotongan pohon tumbang di Jl Basar, Kelurahan Bugih, Pamekasan, Rabu (13/3/2019).

Pohon jenis randu (sebelumnya ditulis kapuk) tumbang akibat angin kencang sekitar pukul 16:00 WIB yang melanda wilayah Pamekasan dan sekitarnya. Bahkan pohon tumbang tersebut juga menimpa becak milik Sumarwi, warga Desa Bettet, Pamekasan.

Beruntung dalam peristiwa tersebut, sang pemilik becak sempat menyelamatkan diri dan menghindari pohon tumbang saat dirinya melintas. “Hujan disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang dan menimpa becak milik Pak Sumarwi,” kata Supervisor BPBD Pamekasan, Budi Cahyono.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya satu unit becak dan kabel listrik putus. Kerugian materiil sekitar Rp 1 juta,” ungkap pria yang akrab disapa Pak Budi.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya bersama warga setempat bahu-membahu melakukan evakuasi dan pemotongan pohon randu yang menutup akses jalan raya. Terlebih kondisi pohon tumbang juga mengakibatkan jalan raya tertutup dan tidak bisa dilintasi pengendara.

“Selanjutnya kami bersama masyarakat melakukan pemotongan pohon tumbang yang menutupi jalan raya, sekaligus melaporkan ke PLN seputar kabel listrik yang putus karena dikhawatirkan masih ada aliran arus listrik,” jelasnya.

Dari itu pihaknya berharap agar masyarakat selalu waspada terhadap berbagai jenis bencana yang bisa terjadi di luar prediksi. “Mari kita tingkatkan kewaspadaan terhadap bencana, khususnya di saat musim penghujan seperti saat ini,” harapnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar