Peristiwa

Masuk Musim Kemarau, BPBD Kabupaten Mojokerto Ingatkan Musibah Kebakaran

Mojokerto (beritajatim.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto menghimbau masyarakat untuk waspada musibah kebakaran karena sudah masuk musim kemarau. Seperti kebakaran yang terjadi di gudang barang bekas (rongsokan).

Sebuah gudang rongsokan di Desa Perning, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jumat (24/7/2020) sekira pukul 04.30 WIB dilalap si jago merah. Sebanyak enam unit mobil Pemadam Kebakaran (PMK) diterjunkan ke lokasi kebakaran.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. “Termasuk area terdampak dan kerugian yang dialami korban, yakni pemilik usaha pengepul rongsokan,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Zaini, sudah mulai masuk musim kemarau sehingga mulai bermunculan kejadian kebakaran rumah, industri dan sejenisnya. Termasuk Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Pihaknya menghimbau agar masyarakat untuk waspada terhadap musibah kebakaran memasuki musim kemarau.

“Sementara mobil PMK kita minim dengan luas wilayah Kabupaten Mojokerto yang cukup luas. Dalam dua hari ini, kita melakukan pemadaman di gudang pabrik obat nyamuk di Kecamatan Pungging yang melibatkan empat unit mobil PMK dan dibantu satu unit mobil PMK dari Pemkot Mojokerto,” katanya.

BPBD Kabupaten Mojokerto memiliki enam unit mobil PMK, namun hanya empat unit mobil PMK yang bisa dipakai. Sementara dua lainnya rusak. Pihaknya berharap Pemkab Mojokerto memberikan dua unit mobil PMK, antisipasi jika ada musibah kebakaran dalam waktu yang sama. [tin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar