Peristiwa

Masuk Daftar Cadangan, 10 CJH Sumenep Belum Diberangkatkan

Sumenep (beritajatim.com) – Sebanyak 10 Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Sumenep hingga saat ini belum diberangkatkan ke tanah suci. Padahal untuk CJH Sumenep telah berangkat ke tanah suci pada 6 Juli 2019.

“Sepuluh CJH itu merupakan jemaah haji cadangan. Saat ini untuk jemaah haji cadangan memang belum berangkat. Tapi mereka sudah pasti berangkat tahun ini,” kata Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, H. Moh. Rifa’i Hasyim, Rabu (17/7/209).

Ia menjelaskan, secara adminitrasi, hampir seluruh jemaah calon haji cadangan itu selesai. Tinggal dua jemaah yang belum memenuhi persyaratan. Saat ini, pihaknya masih mengurus visa dua dari sepuluh CJH cadangan tersebut. “Kalau yang 8 orang lainnya sudah fix. Tinggal 2 orang yang belum selesai visanya. Masih dalam proses,” terangnya.

Sementara untuk penentuan kloter, pihaknya masih menunggu konfirmasi dari Kemenag Jawa Timur. “Tapi sudah pasti bisa berangkat tahun ini. Kami minta untuk yang dari Sumenep tidak dipisah, melainkan diberangkatkan menjadi satu kloter,” ucapnya.

Total Jemaah Calon Haji asal Sumenep tahun 2019 sebanyak 752 orang. Para jemaah tersebut terbagi atas dua kloter yakni kloter 06 sebanyak 445 orang dan kloter 07 sebanyak 307 orang. Untuk kloter 06, seluruhnya merupakan warga Sumenep. Sedangkan untuk kloter 07 merupakan gabungan jemaah haji asal Sumenep dan Surabaya. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar