Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Masjid Sumbersari, Saksi Dahsyatnya Erupsi Semeru

Lumajang (beritajatim.com) – Masjid di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang ini masih berdiri kokoh. Masjid terbesar yang berada di atas ketinggian tersebut menjadi saksi dahsyatnya erupsi Semeru.

Meski tanpa kerusakan berarti, masjid ini banyak diselimuti debu vulkanik. Tim Bersih Bersih Masjid (BBM) yang berasal dari Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, turun langsung membersihkan masjid terbesar di bawah kaki gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

Hari Abu Bilal selaku Owner Tim BBM mengatakan, dirinya bersama tim dari Jogya dan Magelang Jawa Tengah khusus datang ke Lumajang hanya untuk baksos bersih-bersih masjid.

“Kami datang dan hadir di sini khusus untuk baksos dan bersih bersih masjid. Jadi masih banyak masjid yang belum tertangani, ini adalah masjid tertinggi yang ada di wilayah dusun terdampak parah erupsi Semeru,” ungkap Hari Abu Bilal, Rabu (8/12/2021) siang pada beritajatim.com.

Kata Abu Bilal, tim BBM konsentrasi di dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Pronojiwo, Lumajang, untuk membantu warga terdampak membersihkan Masjid dan Musola.
“Kami kosentrasi di dusun terdampak, karena warga sudah susah tidak mungkin akan membersihkan masjid ini. Kami yang akan membersihkan seluruhnya hingga selesai,” tegas Abu Bilal.

Ia melanjutkan, pihaknya juga mengajak relawan dari manapun untuk bersama membersihkan Masjid dan Musola hingga bisa digunakan warga untuk beribadah lagi.

“Kami baru datang kemarin pagi. Jadi baru dua masjid yang kita bersihkan sampai hari ini. Yang pertama kemarin di posko bawah, yakni Masjid Nurul Jadid. Kedua masjid di Sumbersari, ini masjid tertinggi dari lereng Semeru,” tuturnya.

Abu Bilal menegaskan, tim BBM punya target dalam satu hari, bisa membersihkan tiga masjid. “Pengennya target kami dalam sehari bisa tiga masjid kita bersihkan. Tapi karena memang butuh relawan banyak, ya kita jalani saja. Setelah masjid baru nanti kita bersih bersih Musola. Kalau itu bisa kita kerjakan dalam sehari ya Alhamdulillah. Karena kalau Musola dibersihkan 10 orang Insya Allah waktu dua jam sudah selesai,” bebernya.

Abu Bilal menambahkan, tim BBM juga dibantu tim bersih-bersih Masjid dari Depok dan Jakarta.

“Saat ini ada 11 personel gabungan dengan dua alat semprot. Nanti yang sudah persiapan mau ke Lumajang ada tim dari Bandung berjumlah 6 orang, hari ini mereka berangkat kesini,” pungkas Abu Bilal. [yog/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati