Peristiwa

Masjid di Mojokerto Tetap Gelar Sholat Jumat, Jamaah Dihimbau Bawa Sajadah dari Rumah

Petugas melakukan pembersihan usai disemprot disinfektan di Masjid Ar-Roudloh. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mojokerto melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Ar-Roudloh Komplek Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Mojokerto, Desa Jabon, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, jelang pelaksanaan sholat Jumat (21/3/2020).

Penyemprotan disinfektan ini sebagai langkah pencegahan dan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Petugas PMI Kabupaten Mojokerto dibantu sejumlah relawan dari Taruna Siaga Bencana (Tagana), TNI/Polri melakukan penyemprotan disinfektan dan dilanjutkan pembersihan sisa-sisa disinfektan.

Di Masjid Ar-Roudloh, masih dilaksanakan sholat Jumat seperti biasanya, hanya saja takmir masjid menghimbau agar jamaah membawa sajadah dari rumah karena karpet tidak digelar di masjid. Hal tersebut dibenarkan Ketua Takmir Masjid Ar-Roudloh, Muhammad Dhofir.

“Hanya saja, terkait virus Corona kita sudah memberikan informasi kepada jamaah melalui WA dan pemberitahuan secara lisan untuk jamaah membawa sajadah dari rumah. Dari petugas PMI akan mengawal kedatangan jamaah yang akan melaksanakan sholat Jumat,” ungkapnya.

Masih kata Dhofir, petugas dari PMI Kabupaten Mojokerto akan memberikan himbauan cuci tangan sebelum pelaksanan sholah Jumat. Menurutnya, tata cara pelaksanaan sholat Jumat tidak ada klausal macam-macam, himbauan atau hal baru, semua dilaksanakan seperti biasa.

Sementara itu, Kasi Pelayanan dan Penanggulangan Bencana, PMI Kabupaten Mojokerto, Didik Soedarsono mengatakan, PMI Kabupaten Mojokerto mulai Rabu (19/3/2020) kemarin sudah melakukan penyemprotan disinfektan. Mulai dari sekolah, perkantoran, kampus dan masjid di wilayah Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto.

“Rabu kemarin penyemprotan di beberapa sekolah SD di wilayah Mojoanyar, Kamis perkantoran, SMK dan cafe. Kita juga sosialisasi ke kampung-kampung di wilayah Mojoanyar kerjasama dengan puskesmas, kecamatan, koramil dan polsek tentang cuci tangan dan menjaga kebersihan,” katanya.

Sementara Jumat (21/3/2020) dilakukan penyemprotan di Masjid Ar-Roudloh Komplek IPHI Kabupaten Mojokerto karena lokasi masjid berada di jalur utama yang menghubungkan Mojokerto dengan Pasuruan. Sehingga dimungkinkan banyak masyarakat luar Mojokerto yang mampir di masjid tersebut untuk menjalankan sholat Jumat.

“Hari ini, ada dua titik karena bersamaan dengan pelaksanaan sholat Jumat sehingga yang kita lakukan penyemprotan di Masjid Ar-Roudloh dan kampus Politeknik Stikes Mojopahit. Tidak ada karpet di dalam masjid karena himbauan MUI agar masyarakat yang akan melaksanakan sholat Jumat membawa sajadah dari rumah,” jelasnya.

Didik menambahkan, penyemprotan dilakukan khususnya di tempat di mana biasa tersentuh oleh tangan. Seperti gagang pintu dan lain sebagainya. Pihaknya akan mensiagakan petugas di Masjid Ar-Roudloh untuk memberikan himbauan agar jamaah melakukan cuci tangan.[tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar