Peristiwa

Malang Longsor, Tiga Jalan di Jabung Tertutup Tanah

Malang (beritajatim.com) – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Jabung, Selasa (19/3/2019) malam mengakibatkan tanah longsor di Dusun Umbutlegi, Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Longsoran tanah menutup seluruh badan jalan.

Akibatnya jalan alternatif yang menghubungkan ke Nongkojajar, Pasuruan serta desa lain tertutup. Sama sekali tidak bisa dilewati kendaraan. Baik kendaraan roda empat ataupun roda dua.

“Ada tiga titik tanah longsor yang terjadi semalam. Tanah longsor menutup semua badan jalan,” ujar Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang, Mudji Utomo, Rabu (20/3/2019).

Menurutnya, bencana tanah longsor terjadi sekitar pukul 20.00. Saat kejadian kondisi sedang hujan. Tebing setinggi sekitar 1,5 meter tidak kuat menahan gerusan air, hingga mengakibatkan tanah longsor.

Beruntung tidak ada korban jiwa ataupun kerugian materi. Saat kejadian, kondisi jalan alternatif tersebut sedang sepi. Warga yang mengetahui adanya longsor, lantas melaporkannya ke PMI dan BPBD Kabupaten Malang.

Sampai Rabu (20/3/2019) siang hari ini, petugas PMI bersama BPBD Kabupaten Malang, langsung mendatangi lokasi. Petugas langsung membersihkan longsoran tanah yang menutup badan jalan, dibantu masyarakat sekitar.

“Sampai siang ini baru dua titik yang sudah kami bersihkan. Tinggal satu titik jalan alternatif yang menghubungkan ke Nongkojajar, Pasuruan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bagyo Setyo, dikonfirmasi juga membenarkan. Menurutnya proses pembersihan tanah longsor sedang berlangsung.

“Panjang longsoran sekitar 20 meter. Namun sama sekali tidak ada korban jiwa. Sudah dua titik yang kami bersihkan, tinggal satu titik lagi,” jelas Bagyo Setyono.

Bagyo menambahkan, melihat kondisi cuaca yang masih sering terjadi hujan, diharapkan masyarakat untuk tetap waspada. Karena selain tanah longsor, bencana banjir juga masih mengancam. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar