Peristiwa

Malam Tahun Baru, Pendakian Gunung Semeru Masih Ditutup

Kebakaran di Gunung Semeru (Humas BB TNBTS).

Malang(beritajatim.com) – Jalur pendakian Gunung Semeru masih ditutup pada liburan natal dan tahun baru ini. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menyatakan jalur pendakian masih belum aman bagi para pendaki.

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar TNBTS, Syarif Hidayat mengatakan, sudah sebulan lebih sejak ditutup total belum ada keputusan lagi soal rencana pembukaan jalur pendakian di Gunung setinggi 3.676 meter dari permukaan laut itu.

Namun, dia memastikan jalur pendakian bakal segera dibuka setelah semuanya dinyatakan aman. Untuk malam pergantian tahun jalur pendakian masih ditutup. Pendaki tidak bisa menunggu malam pergantian tahun di puncak tertinggi tanah Jawa ini.

“Nanti juga pasti akan kita buka tetapi saat ini memang belum bisa karena kami anggap belum safety. Jadi jangan sampai pas kita buka dengan situasi seperti saat ini justru malah menimbulkan efek negatif bagi para pengunjung,” papar Syarif.

Syarif mengungkapkan, potensi ancaman bagi pendaki adalah tanah longsor, pohon tumbang dan bebatuan yang jatuh. Sebab, usai kemarau panjang dan beralih ke musim penghujan kondisi tanah belum benar-benar stabil.

“Kondisi saat ini, kalau bahasa geologinya ikatan tanahnya harus benar-benar kuat terlebih dahulu. Sebab, kemarin kasaranya memang dipanggang dengan kemarau yang cukup panjang. Sehingga kondisi tanah masih belum kuat,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar