Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Malam Ini, Satu Desa di Jombang Diterjang Banjir

Banjir yang menggenangi jalan desa Sumberagung, Kecamatan Perak, Jombang, Selasa (30/11/2021) malam

Jombang (beritajatim.com) – Hujan deras mengakibatkan debit sungai di Desa Sumberagung, Kecamatan Perak, Jombang, Jawa Timur, meningkat, Selasa (30/11/2021). Akibatnya, air sungai meluap lalu masuk ke jalan desa. Air yang terus meninggi kemudian menerobos ke pemukiman padat penduduk.

Praktis malam ini puluhan rumah warga desa tersebut kedatangan ‘tamu tak diundang’. Laporan terakhir, ketinggin air setinggi lutut orang dewasa. “Malam ini air masuk ke rumah-rumah warga. Banjir disebabkan luapan air sungai,” kata Sekretaris FPRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) Jombang Amik Purdinata.

Amik menjelaskan, pihaknya sudah mendapatkan laporkan dari Ketua FPRB Desa Sumberagung, Sugeng Abriono. Dalam laporan tersebut dijelaskan, banjir tersebut berawal dari hujan deras disertai angin kencang di Sumberagung pada Selasa petang.

Tentu saja, debit air sungai juga meningkat. Ironisnya, jembatan lama di dusun tersebut lubangnya relatif kecil, sehingga menghambat aliran air. Hal itulah yang mengakibatkan air meluber ke jalan. “Air sungai meluap, lalu masuk ke jalan. Kemudian sekitar pukul 18.00 WIB, banjir mulai menggenangi rumah warga,” jelas Amik.

Berapa rumah yang terdampak? berdasarkan pendataan yang dilakukan FPRB Desa Sumberagung, terdapat 54 rumah yang terdampak. Rinciannya, di RT 02/04 sebanyak 35 rumah dan di RT 01/03 sebanyak 19 rumah. “Warga berharap pemerintah segera melakukan renovasi jembatan, sehingga kejadian serupa tidak terulang,” ujarnya.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Jombang Syamsul Bahri membenarkan adanya banjir yang menerjang Desa Sumberagung. “Tim dari BPBD Jombang sudah turun ke lokasi,” kata Syamsul Bahri singkat. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar