Peristiwa

Cegah Covid-19

Malam Ini, Polres Malang dan Dandim 0818 Tertibkan Kerumunan Massa

Malang (beritajatim.com) – Mulai Senin (23/3/2020) malam ini, Kepolisian Resor Malang bersama Kodim 0818 Kabupaten Malang – Kota Batu melakukan patroli untuk menghimbau agar masyarakat tidak berkumpul demi mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Sasaran patroli meliputi wilayah Kecamatan Kepanjen, Sumberpucung, Gondanglegi dan Pakisaji. Patroli itu dipimpin langsung oleh Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar dan Dandim 0818, Letkol Inf Ferry Muzawwad.

“Sasaran kita ke tempat yang ada kumpulan. Kita berikan himbaun, penekanan dengan tindakan sedikit represif, untuk menghindari kerumunan massa agar tidak sampai malam,” kata Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, Senin (23/3/2020) malam.

Hendri menambahkan, tempat yang menjadi sasaran patroli diantaranya seperti kafe ataupun restoran, yang dijadikan tempat berkumpul banyak orang. “Kita mencegah agar virus corona ini tidak semakin berkembang. Dengan salah satunya memberikan himbauan langsung di tempat keramaian,” jelasnya.

Ada puluhan personil yang dilibatkan dalam patroli malam hari ini. Mereka dibagi dalam dua kelompok. “Di kafe atau restoran yang ada kumpulan, kita beri himbauan, bubarkan dengan cara yang halus,” pungkas Hendri.

Usai gelar pasukan, tim patroli dibagi dua titik. Warung kopi di Jalan Seruji, Kepanjen menjadi tempat pertama yang ditertibkan petugas. “Kami menghimbau pada saudara-saudara, bapak-bapak sekalian untuk mengikuti anjuran pemerintah. Lakukan social distancing ditengah mewabahnya virus corona. Tolong bantu kami mencegahnya, dan anda yang tidak berkepentingan untuk segera pulang ke rumah. Boleh ngopi, tapi jangan terlalu lama disini. Karena kita tidak tahu penyebaran virus corona ini seperti apa,” tegas Hendri Umar.

Hal senada jug disampaikan Dandim. “Bapak tahu nggak virus corona, kami dan Pak Kapolres ini memberikan himbauan karena sayang. Supaya sampeyan-sampeyan semuanya tetap sehat dan tidak ada yang terkena virus Corona,” ujar Letkol Ferry Muzawwad.

Ferry menambahkan, masyarakat harus tahu diri dan menjalankan social distancing untuk memutus penyebaran virus corona. “Kalau sudah selesai ngopinya silahkan pulang. Istirahat, jaga kesehatan dan diri masing-masing,” pungkasnya. Selain di Kepanjen, sejumlah warung kopi di Kecamatan Sumberpucung yang banyak di datangi kerumunan warga, dihimbau untuk segera tutup. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar