Peristiwa

Malam Ini Kota Batu dan Malang Raya Suhu Dingin

Foto: Ilustrasi cuaca dingin pegunungan

Surabaya (beritajatim.com) – Malam ini di kota Batu suhu udara dingin dengan perkiraan mencapai 15 derajad celsius dari malam hingga esok pagi, begitu juga di sejumlah tempat di jawa Timur suhu akan dihajar suhu dingin.

Oky Sukma Hakim ST Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika stasiun meteorologi klas 1 Juanda Surabaya membenarkan tentang suhu udara di Kota Batu mencapai 15 derajad celsius.

“Kabupaten Malang dan Kota Malang suhu udara mencapai 19 derajad celsius,” kata Oky Sumkam Hakim dalam keterangan tertulis kepada beritajatim.com, Minggu (26/7/2020).

Sejumlah tempat lain malam ini yang diperkirakan suhu ekstrem adalah Kabupaten Mojokerto juga mencapai 19 derajad celsius.

Terpisah prakirawan cuaca BMKG Nanda Alfuadi menyebut bahwa udara dingin yang terjadi di malam menjelang pagi hari, ada dua hal yang mempengaruhi. Dua hal tersebut yakni kandungan uap air di atmosfer dan kecepatan angin.

“Kandungan uap air di atmosfer yang cukup rendah di wilayah Indonesia bagian selatan dalam beberapa pekan ini menyebabkan radiasi gelombang panjang dari Bumi, yang dapat menghangatkan atmosfer Bumi lapisan bawah, terlepas ke angkasa,” kata Nanda seperti dilansir Kompas.com

Sehingga, energi yang digunakan untuk menghangatkan atmosfer di lapisan bawah akan lebih kecil dibandingkan ketika kandungan uap air di atmosfer relatif cukup banyak.

Hal ini secara kasat mata, lanjut Nanda, juga terlihat dari berkurangnya tutupan awan dalam beberapa pekan ini dibandingkan dengan bulan lalu.

“Kondisi atmosfer yang cukup kering tersebut diperkuat dengan kecepatan angin dari selatan Indonesia yang cukup kuat sehingga seolah udara di Indonesia bagian selatan terasa semakin dingin,” terang Nanda.

Meski demikian, katanya, saat ini belum merupakan puncak kemarau sehingga kondisi ini bukan merupakan kondisi yang paling signifikan. “Diprakirakan pada Agustus dan awal September nanti kondisi dingin akan semakin terasa di wilayah Jawa, Bali, NTB, dan NTT,” jelas Nanda.(ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar