Peristiwa

Malam Ini Kapal Terakhir ke Pulau Masalembu Sumenep Sebelum Lebaran

Sumenep (beritajatim.com) – Pelayaran ke Pulau Masalembu dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep pada Selasa (11/05/2021) merupakan pelayaran terakhir sebelum lebaran.

Untuk pelayaran terakhir, ada dua armada kapal perintis yang diberangkatkan, yakni Sabuk Nusantara 92 dan Sabuk Nusantara 99. Kapal Sabuk Nusantara 92 berangkat lebih awal yakni pukul 20.00 WIB. Pemberangkatan tersebut molor dari jadwal semula yakni pukul 16.00 WIB. Sedangkan untuk kapal Sabuk Nusantara 99, diperkirakan berangkat dini hari nanti.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Kalianget, jumlah penumpang kapal tidak terlalu padat. Berbeda dengan kondisi sekitar 1 minggu sebelumnya, jumlah penumpang membeludak. Diperkirakan warga kepulauan sebagian besar memilih mudik lebih awal, sebelum larangan mudik pemerintah tanggal 6 Mei 2021.

Salah satu penumpang kapal Sabuk Nusantara 92, Muchlis mengatakan, dirinya bersama keluarga akan pulang ke kampung halaman di Masalembu. Selama ini, ia bekerja di Sumenep daratan.

“Saya memang agak terakhir pulang ke Masalembu, menyesuaikan dengan waktu cuti tempat saya bekerja. Kalau yang lain yang tidak terikat cuti, sudah lebih awal pulangnya,” katanya.

Ia berharap agar kapal bisa segera berangkat, karena dirinya juga ingin bisa segera berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. “Jadwal keberangkatan kapal yang tertunda atau molor dari jadwal ini sudah biasa. Sudah sering terjadi. Ya macam-macam sih alasannya. Tapi semoga kapal ini segera berangkat. Khawatir keburu lebaran di laut kalau molor terus berangkatnya,” ujarnya sambil tertawa getir.

Pulau Masalembu merupakan salah satu kecamatan kepulauan di Kabupaten Sumenep. Untuk sampai ke Pulau ini, dalam kondisi cuaca laut normal, diperlukan waktu 16-18 jam perjalanan laut dari Pelabuhan Kalianget. [tem/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar