Peristiwa

Refleksi Kemerdekaan

Mahasiswa Kepulauan Sumenep Gelar Upacara di Pantai eKasoghi

Sumenep (beritajatim.com) – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Kepulauan Sapeken Sumenep (Himpass) menggelar upacara peringatan HUT ke-75 RI di Pantai eKasoghi, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep.

“Kami berkemah disini sejak kemarin, menggelar workshop kepemudaan. Kemudian hari ini kami menggelar upacara di pantai,” kata Ketua Panitia Pelaksana, Arif, Senin (17/08/2020).

Menurutnya, sebagai warga Kepulauan, dirinya merasa perlu untuk melakukan refleksi perjuangan nenek moyang melalui laut.

“Karena itu, kami mahasiswa dari Pulau Sapeken memilih upacara di air, di pinggir Pantai eKasoghi, untuk mengingat bahwa pendahulu kami ikut berjuang merebut kemerdekaan melalui laut,” ujarnya.

Ia memilih Pantai eKasoghi sebagai lokasi upacara, karena tempatnya indah dan strategis. Selain itu, sebagai pantai yang relatif baru, eKasoghi layak di-branding sebagai objek wisata unggulan Sumenep.

“Pantai eKasoghi ini ‘view’ nya sangat bagus. Cocoklah kalau dipromosikan sebagai destinasi wisata kebanggaan Sumenep,” ucapnya.

Sementara Pengelola Pantai eKasoghi, Fadel Abu Aufa mengapresiasi keinginan para mahasiswa kepulauan itu untuk upacara di pantai sebagai bentuk penghormatan kepada para pendahulunya.

“Kami mendukung kegiatan mahasiswa Pulau Sapeken itu. Semangatnya bagus. Tidak melupakan perjuangan pendahulunya,” ujar Fadel.

Ia menerangkan, selain mahasiswa Pulau Sapeken, mahasiswa yang tergabung dalam PMII Sumenep juga menggelar upacara serupa di pantai.

“Jadi hari ini ada dua elemen mahasiswa yang menggelar upacara di pantai. Mereka sama-sama berkemah disini. Tujuannya lebih dekat pads alam, sekaligus bangga dan promosi destinasi wisata baru,” ucapnya. (tem/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar