Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Lupa Matikan Kompor, 3 Rumah di Mojokerto Hangus Terbakar

Petugas Damkar memadamkan api yang membakar tiga rumah di Dusun Tameng RT 03 RW 05, Desa Padi, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak tiga rumah di Dusun Tameng RT 03 RW 05, Desa Padi, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (23/10/2021), hangus terbakar. Diduga api yang membakar ketiga rumah korban berasal dari kompor yang lupa dimatikan dari salah satu rumah.

Ketiga rumah tersebut masing-masing milik Sarminah (56), Atik Rohmatin (35) dan Siti Ulfarotin Zahroh (30). Sekira pukul 15.00 WIB, saksi mendengar ada anak kecil teriak kebakaran. Saksi melihat ada asap dari arah timur, kemudian saksi lari ke arah sumber asap dan melihat rumah rumah milik Sarminah, Atik Rohmatin dan Siti Ulfarotin terbakar.

Saksi mata, Agung mengatakan, api berasal dari dapur milik Sarminah merambat ke rumah Siti Ulfarotin dan rumah Atik Rohmatin. “Ketiga rumah korban terbuat dari anyaman bambu,
rumah Siti Ulfarotin Zahroh ruang tamu terbuat dari tembok, sedangkan bagian lain terbuat dari anyaman bambu,” ungkapnya.

Kuatnya hembusan angin membuat api semakin membesar. Hingga kemudian merambat ke dua rumah warga lainnya. Karena api sulit dijinakkan, perangkat desa menghubungi petugas pemadam kebakaran (damkar). Tiga unit mobil Damkar diterjunkan ke lokasi untuk melakukan upaya pemadaman.

Sekira pukul 17.30 WIB, api berhasil dipadamkan oleh petugas. Petugas dari Polsek Gondang mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya, kompor LPG dan kabel listrik warna putih yang terbakar. Petugas juga meminta keterangan sejumlah saksi terkait kebakaran yang menghanguskan tiga rumah tersebut.

“Diduga api yang membakar rumah berasal dari kompor yang lupa dimatikan. Kompor itu kemudian menyambar dinding rumah yang terbuat dari bambu sehingga rumah terbakar dengan cepat. Kerugian akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai Rp150 juta,” jelas Kapolsek Gondang, Iptu Syaiful Isro. [tin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar