Peristiwa

Lupa Cabut Charge, Rumah di Kota Malang Terbakar

Kebakaran akibat charge HP di Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Kebakaran rumah terjadi di Jalan Danau Batur, Kedungkandang, Kota Malang, Kamis (26/12/2019). Api bermula dari sebuah handphone yang dicharge atau diisi daya di kamar pemilik rumah di lantai dua itu.

Analis Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Malang, Mahfuzi mengatakan bahwa rumah itu milik Soetomo. Kejadian bermula saat anak Soetomo yang meninggalkan handphone dengan kondisi diisi daya di dalam kamar.

“Api kemudian diketahui sudah membakar kamar di lantai dua pada pukul 13.00 WIB. HP sudah dalam kondisi gosong terbakar dan api sudah merembet ke sprei serta barang lain di kamar itu,” ujar Mafuzi.

Mafuzi menyebut, api cepat membesar karena mengenai benda-benda yang mudah terbakar. Antara lain, kasur, lusinan sprei, bed cover, kipas angin, kursi, meja, gorden dan lemari pakaian. Setelah mendapat laporan BPBD Kota Malang datang ke lokasi untuk memberikan bantuan pemadaman.

“Pemilik rumah mengerahkan peralatan seadanya, tapi api sudah besar sehingga upaya tim reaksi cepat kami tak optimal, akhirnya datanglah 2 unit PMK 15 menit kemudian. Api dapat dijinakkan sekitar 30 menit,” papar Mafuzi.

BPBD Kota Malang pun mengimbau agar masyarakat tidak terbiasa mengecharge handphone sebelum memastikan kondisi alat elektroniknya Berstandar Nasional Indonesia (SNI). [luc/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar