Peristiwa

Luapan Sungai Akibatkan 3 Dusun di Pamekasan Terendam

Pamekasan (beritajatim.com) – Luapan sungai Bhengbheto di wilayah pantura Pamekasan, mengakibatkan tiga desa di kecamatan Pasean dan Waru terendam banjir. Air bah juga menggenangi lahan persawahan serta beberapa rumah warga, Rabu (16/12/2020).

Tiga titik banjir tersebut terjadi di Dusun Jungcang, Desa Sana Tengah, Kecamatan Pasean, serta dua desa di kecamatan Waru, yakni di Dusun Bunten, Desa Sana Laok, serta Dusun Du’uman, Desa Waru Timur, Kecamatan Waru. Tiga dusun tersebut menjadi titik terparah akibat luapan air sungai yang mengalir deras.

“Banjir di wilayah pantura (Pamekasan) melanda dua dusun di dua desa berbeda, yaitu Dusun Bunten, Desa Sana Laok dan Dusun Du’uman, Desa Waru Timur, Kecamatan Waru,” kata Kasi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, M Afandi.

Disinggung soal penyebab banjir, pihaknya menilai hal tersebut akibat tingginya curah hujan yang terjadi di wilayah pantura, khususnya dalam dua hari terakhir. “Penyebabnya karena intensitas hujan, sehingga terjadi luapan air hingga memasuki rumah warga,” ungkapnya.

“Beruntung kejadian ini tidak mengakibatkan korban jiwa, namun beberapa rumah warga ada yang tergenang hingga ketinggian sekitar 40 centimeter (cm). Meliputi empat rumah di Sana Laok dan satu rumah di Waru Timur,” jelasnya.

Akibat peristiwa tersebut, BPBD bersama sejumlah personil TNI-Polri, relawan serta masyarakat bergotong royang melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan. Sekaligus mengajak masyarakat agar selalu waspada terhadap berbagai bencana, khususnya di musim penghujan.

“Berdasar data BMKG, musim ini diprediksi bakal ada fenomena La Nina dan intensitas hujan, sehingga perlu diwaspadai. Bahkan fenomena ini juga diprediksi bakal berlangsung hingga Maret 2021,” pungkasnya. [pin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Pizza Meat Lover Menu Berbuka Favorit Anak

Resep Rawon Iga Lunak Cocok untuk Berbuka

Pameran Lukisan Anak Berkebutuhan Khusus

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk