Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Luapan Banjir Kali Lamong Mulai Bergeser ke Cerme Gresik

Dua alat berat sedang melakukan pengerjaan normalisasi Kali Lamong di Desa Morowudi, Kecamatan Cerme, Gresik

Gresik (beritajatim.com)– Luapan banjir Kali Lamong mulai bergeser di wilayah Kecamatan Cerme, Gresik. Akibatnya, ada tiga desa yang terendam banjir. Ketiga desa itu, diantaranya Desa Dadapkuning yang terendam air setinggi 20 centimeter serta 70 hektar area persawahan dan 100 hektar tambak terendam. Jalan poros desa di desa tersebut, juga tergenang air 50 centimeter sepanjang 200 meter.

Berikutnya, Desa Sukoanyar. Di desa ini air menggenangi area persawahan 50 hektar dengan kedalaman 54 centimeter. Tidak hanya itu, area tambak seluas 34 hektar tergenang air dengan kedalaman 50 centimeter. Jalan poros desa sepanjang 60 meter juga tergenang dengan ketinggian air 30 centimeter.

Kemudian Desa Sukoanyar, luapan banjir Kali Lamong juga menggenangi sawah seluas 50 hektar dengan kedalaman 54 centimeter. Tambak seluas 34 hektar kedalaman 50 sentimeter, jalan poros desa sepanjang 60 meter dengan ketinggian air 30 centimeter.

Kemudian, jalan kampung sepanjang 100 meter juga tergenang air setinggi 10 centimeter. “Ada tiga desa terdampak banjir luapan Kali Lamong,” ujar Camat Cerme, Suyono, Sabtu (6/11/2021).

Suyono menambahkan, untuk meminimalisir luapan banjir Kali Lamong agar tidak bergeser lagi. Tiga alat berat sedang mengeruk Kali Lamong di wilayah Kecamatan Cerme. Langkah ini diambil supaya luapan air tidak menggenangi desa lainnya. “Pengerukan masih berlangsung. Sementara debit air Kali Lamong naik kiriman dari Benjeng dan Balongpanggang,” imbuhnya.

Selain Cerme, banjir kali lamong menerjang area persawahan di wilayah Cermen Lerek, Kecamatan Kedamean. Berdasarkan BPBD Gresik luapan banjir Kali Lamong masih merendam Desa Banjaragung dan Desa Pucung di Kecamatan Balongpanggang. Sementara di Kecamatan Benjeng banjir merendam tujuh desa. Satu jembatan darurat di Desa Klampok hanyut dan satu tanggul di Desa Bengkelo Lor jebol. [dny/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar