Peristiwa

LSI Denny JA Klaim Kemenangan Ipuk – Sugirah, Selisihnya 6,04 Persen

Banyuwangi (beritajatim.com) – Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Imam Fauzi Surahmat menyampaikan selamat kepada pasangan Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah. Dia menyebut, pasangan calon bupati Banyuwangi nomor urut 2 ini menang berdasarkan hasil quick count yang dilakukan oleh lembaganya.

“Dengan ini saya sampaikan selamat kepada Ibu Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi yang baru,” katanya dalam konferensi pers, Rabu (9/12/2020).

Perolehan suara dari hasil quick count yang didapat, pasangan calon bupati nomor urut 1, Yusuf Widyatmoko dan M Riza Aziziy memperoleh 46,98 persen suara. Sementara Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah mendapat 53,02 persen suara.

“Kita menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 291 TPS dari 3.745, Sampel tersebar secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih dan dipilih secara acak di seluruh kecamatan di Kabupaten Banyuwangi. Teknik pengumpulan data : Menggunakan Aplikasi berbasis Android dan SMS (alternatif) dengan Margin of error plus minus 1 persen,” katanya.

Pihaknya juga mencatat tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Banyuwangi kali ini mencapai 63,99 persen. Dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 1.304.909 orang.

“Tingkat Partisipasi Pemilih (Voter’s Turn Out) = 63,99 persen, data sampel yang masuk 100 persen. Dengan margin of error 1 persen, kami sampaikan data ini tidak jauh dari hasil rekapitulasi maual suara KPU,” pungkasnya. (rin/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar