Peristiwa

Longsor Terjadi Lagi di Pacet Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) – Material longsor berupa batu besar menutupi jalan Trawas-Pacet tepatnya di Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Senin (9/3/2020). (Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Mojokerto menerjunkan alat berat untuk melakukan evakuasi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, ada dua lokasi di Desa Claket yakni di Dusun Claket dan Sembung. “Di Dusun Claket terjadi pukul 00.00 WIB, sementara di Dusun Sembung terjadi pukul 08.00 WIB,” ungkapnya.

Masih kata Zaini, berdasarkan pantauan aplikasi Raindart BMKG Juanda, wilayah Hulu, khususnya wilayah Pacet terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada, Minggu (8/3/2020). Hujan terjadi pukul 14.00 WIB hingga 21.00 WIB sehingga mengakibatkan tanah longsor.

“Akibat tanah longsor tersebut lalu lintas terganggu, dikarenakan separuh bahu jalan tertutup oleh material longsor berupa batu dan tanah. Namun Jalan Trawas-Pacet masih bisa dilalui kendaraan roda empat dan roda dua. PUPR menerjunkan alat berat untuk evakuasi longsor,” katanya.

Selain koordinasi dengan PUPR Kabupaten Mojokerto, assesment dan kaji cepat, lanjut Zaini, pihaknya juga berkoordinasi dengan Taman Hutan Raya (Tahura) dan Perhutani. Sepanjang awal tahun 2020, setidaknya di lokasi yang sama terjadi banjir dan longsor. Banjir dan longsor terjadi pada, Jumat (7/2/2020), Kamis (20/2/2020) Rabu (26/2/2020). [tin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar