Peristiwa

Longsor Putus Jalur Penghubung Banyuwangi-Bondowoso Via Ijen

Longsor di Lereng Ijen. Foto: Rindi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Jalur penghubung antar Kabupaten Banyuwangi – Bondowoso via kawah ijen terputus total akibat longsor. Material tanah beserta batu berukuran menutup jalan satu-satynya di wilayah ini. Batang pohon berdiameter 80 Centimeter hingga satu meter melintang memperparah kondisi jalan.

Puing material ini masih tampak menumpuk menutupi badan jalan. Bekas longsoran juga tampak menganga di ketinggian 5 hingga 20 meter. “Mulai kemarin sore saya nginap di Paltuding, karena tidak bisa pulang, ” kata Faat, salah satu warga dari Desa Kaligedang, Kecamatan Ijen, Bondowoso, Selasa (2/2/2021).

Hingga kini, warga dari Banyuwangi maupun Bondowoso tidak dapat melewati jalur ini. belum ada upaya dari pemerintah setempat untuk melakukan evakuasi jalur ini. “Jalur hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki. Ya terpaksa jalan kaki dari Paltuding sampai akhir longsor ini sekitar 2 Kilometer,” katanya.

Tak hanya itu, banyak warga dari bondowoso menuju banyuwangi maupun sebaliknya tertahan di dua arah. “Ya mereka harus melewati longsor kemudian dijemput oleh keluarga di tempat aman,” ungkapnya.

Peristiwa ini terjadi pada Senin (1/2/2021) petang, usai kawasan lereng Kawah Ijen diguyur hujan deras. Selain memutus jalan, material longsor juga menerjang permukiman warga di Kampung Blawan, Kecamatan Ijen, Bondowoso. (rin/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar