Peristiwa

Lion Air Buka Penerbangan Non Stop Jakarta-Banyuwangi

Jakarta (beritajatim.com)- Lion Air Group akan memperkenalkan destinasi baru di jaringan Lion Air dengan membuka penerbangan langsung (non-stop) yang menghubungkan Jakarta ke Banyuwangi efektif 06 Maret 2020.

Lion Air akan mengakomodir perjalanan udara para pebisnis dan wisatawan kekinian (millennials travelers) dari melalui Terminal 1A Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK) menuju Bandar Udara Internasional Banyuwangi di Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (BWX).

Sebagai informasi, Banyuwangi adalah kota ketiga yang dirambah penerbangan Lion Air di Jawa Timur setelah Surabaya melalui Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo (SUB) dan Malang – Bandar Udara Abdul Rachman Saleh (MLG) .

“Rencana pembukaan rute baru Lion Air Soekarno-Hatta – Banyuwangi – Soekarno-Hatta untuk tahap awal akan dilayani satu kali per hari atau tujuh kali dalam seminggu, dengan waktu keberangkatan terbaik, yang diharapkan sesuai kebutuhan travelers,” kata Danang Mandala Prihantoro Corporate Communications Strategic Lion Air dalam keterangan tertulis kepada beritajatim.com, senin (2/3/2020).

Lion Air akan memulai penerbangan perdana bernomor penerbangan JT-594 dari Soekarno-Hatta pukul 06.30 waktu setempat (Waktu Indonesia Barat, GMT+ 07) dan memiliki waktu kedatangan di Banyuwangi pada 08.20 WIB.

Untuk rute kembali, Lion Air akan menggunakan nomor penerbangan JT-593 pukul 09.00 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada 10.40 WIB. Lion Air menegaskan, dalam upaya peningkatan kualitas layanan penerbangan, seluruh operasional tetap mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan (safety first).

Untuk menawarkan pengalaman terbang, Lion Air akan mendaratkan pesawat pertama Boeing 737-800 Next Generation (NG) bekapasitas 189 kelas ekonomi. Armada generasi terbaru Lion Air sudah dilengkapi interior kabin terbaru. Teknologi ini memberikan keuntungan bagi penumpang karena akan disambut nuansa kabin lebih fresh, hangat dan menyenangkan.

Rute baru menjadi kesungguhan Lion Air dalam menyediakan layanan penerbangan terjangkau, efektif dan efisien sejalan mengakomodir perjalanan udara yang diikuti oleh tren minat berpergian di kalangan muda.

Lion Air mengharapkan, kehadiran rute Soekarno-Hatta – Banyuwangi – Soekarno-Hatta dapat menyediakan alternatif baru dalam bepergian, membantu menawarkan berbagai pilihan layanan penerbangan untuk mendukung mobilitas dan upaya menjawab permintaan perjalanan domestik intra Jawa.

Selain itu, sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam pengembangan pariwisata nasional seiring meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara. Sebagai bagian dari ekspansi bisnis, Lion Air memprediksi bahwa rute baru Jakarta-Banyuwangi akan tumbuh positif. Optimisme Lion Air berdasarkan pada potensi pariwisata dan potensi bisnis Banyuwangi.

Rute baru Lion Air ini dinilai bisa menciptakan konektivitas baru dan upaya mewujudkan kesempatan untuk menjelajahi kota-kota (connecting flight) bersama Lion Air Group (Lion Air, Batik Air dan Wings Air).

Untuk koneksi penerbangan lebih banyak lagi dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, terhubung ke Ambon, Balikpapan, Banda Aceh, Bandar Lampung, Banjarmasin, Batam, Bengkulu, Denpasar, Jambi, Jayapura, Kendari, Kupang, Makassar, Malang, Manado, Mataram–Lombok, Medan-Kualanamu, Padang, Palangkaraya, Palembang, Pangkalpinang, Palu, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Solo, Tanjung Pandan, Tanjung Pinang, Tarakan, Ternate, Yogyakarta–Adisucipto. Untuk penerbangan internasional tersedia pilihan ke Bangkok, Kuala Lumpur, Singapura.

Lion AIr mengucapkan terima kasih kepada regulator, pengelola bandar udara setempat, pengatur lalu lintas udara beserta pihak terkait yang sudah membantu dalam rencana pembukaan rute baru. Lion Air mengharapkan inagurasi mendatang dapat berjalan lancar dan tepat waktu.

Agar perjalanan lebih maksimal, kepada travelers untuk mempersiapkan rencana lebih awal berkonsep “tren bepergian simpel”. Jika akan membawa bagasi saat penerbangan maka dapat membeli bagasi menggunakan voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), www.lionair.co.id dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.

Pembelian bagasi harga lebih hemat bisa dilakukan ketika saat dan setelah pembayaran tiket (issued ticket), ketentuan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan. Travelers akan mendapatkan nilai lebih ekonomis serta terjangkau dari pilihan kapasitas bagasi yang disesuaikan tingkat keperluan. Sebaliknya, bila berangkat tanpa bagasi, maka tidak perlu membayar bagasi.

Setiap travelers (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage) ke dalam kabin (hand carry), yang mengikuti aturan berlaku sesuai maksimum ukuran dimensi bagasi kabin.

Lion Air menghimbau check-in lebih awal 120 menit sebelum jadwal keberangkatan di bandar udara. Hal tersebut guna meminimalisir dampak dari antrean panjang ketika check-in. Counter check-in Lion Air Group akan ditutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan penerbangan domestik.(ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar