Peristiwa

Lintas Pegiat Lingkungan Bersihkan Sungai Mantren Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Perkumpulan Eks Pramuka Putra Putri Indonesia (EPPI) dan Rante Rau bersama ratusan pegiat lingkungan dan masyarakat Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri melakukan aksi bersih-bersih Sungai Mantren. Mereka membersihkan sampah yang mengotori sungai.

“Apalah arti giat kami ini kalau tidak didukung oleh pihak-pihak berwenang. Alhamdulillah, Pemdes Menang sangat mendukung langkah kami ini,” kata Benny Prasetyo, Koordinator, Minggu (25/10/2020).

Sungai Mantren sudah lama dijadikan tempat pembuangan sampah rumah tangga. Bahkan, sungai juga dipenuhi popok bekas, maupun sampah plastik. Sungai yang berada persis di selatan Petilasan Raja Kediri Sri Aji Joyoboyo itu dipenuhi sampah.

Para pegiat lingkungan sangat prihatin dengan keadaan Sungai Mantren. Mereka kemudian meminta izin Pemerintah Desa Menang untuk dilakukan pembersihan.

“Ternyata Pemdes Menang merespons dengan baik dan ikut mengerahkan warganya ikut turun ke sungai,” ujar Benny.

Terpisah, Linda Endrawati, Kades Menang sangat mendukung kegiatan tersebut tersebut. “Tentu, kami sangat mendukung langkah kawan-kawan pegiat lingkungan ini,” katanya.


Pembersihkan sampah yang ada di Kali Mantren itu, menurut Kades, sebenarnya sudah pernah dilakukan oleh Pemdes dan Warga Menang. Namun, sampah tetap saja ada, karena memang perlu sosialisasi lagi kepada warga, agar tidak membuang sampah di sungai.

“Ke depan memang perlu mengembalikan fungsi sungai ke keadaan semula dan perlu ada pelebaran sungai menjadi 8 meter, sesuai data yang ada. Tapi itu perlu waktu lama dan harus melibatkan instansi terkait,” tutupnya. [nm/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar