Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Lima Kecamatan di Kabupaten Malang Terdampak Abu Vulkanik Semeru

Malang (beritajatim.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang mencatat ada lima kecamatan terdampak abu vulkanik Gunung Semeru. Sejauh ini, wilayah Kabupaten Malang aman dan terkendali dari guguran awan panas.

Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima, ada lima kecamatan terdampak abu vulkanik.

Lima kecamatan itu antara lain Ampelgading, Wajak, Turen, Tirtoyudo, serta Dampit. “Ada lima kecamatan terdampak abu vulkanik. Namun tidak parah, karena bersamaan dengan hujan deras,” ujar Sadono, Sabtu(4/12/2021) malam.

BPBD Kabupaten Malang terus berkoordinasi dengan relawan terkait dampak abu vulkanik di wilayah Kabupaten Malang. “Kami juga menghimbau warga agar tidak melakukan aktifitas di aliran sungai yang dimungkinkan dialiri guguran awan panas,” katanya.

Selain itu, BPBD juga menghimbau warga agar tidak panik dan tetap memonitor perkembangan situasi dari pihak-pihak terkait dan tetap mematuhi himbauan yang disampaikan PVMBG dan pemerintah. “Sejauh ini wilayah terdekat yakni Ampelgading, belum diterima laporan dampak yang cukup parah karena erupsi Gunung Semeru,” terangnya.

Sementara itu, pengalihan arus lalu lintas dilakukan setelah jembatan lama Gladak Perak di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Malang, rusak diterjang lahar hujan. Kendaraan dari Malang menuju Lumajang via Ampelgading diminta putar balik. [yog/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar