Peristiwa

Lima ABK TB Mitra Jaya XIX yang Tenggelam di Perairan Karang Jamuang Gresik Belum Ditemukan

Gresik (beritajatim.com) – Pencarian lima anak buah kapal (ABK) TB Mitra Jaya yang tenggelam di perairan Karang Jamuang Gresik masih berlangsung. Tim gabungan baik dari Polair Polda Jatim, Basarnas dan KPLP Gresik hingga saat ini masih memfokuskan pencarian di bangkai kapal. Pasalnya, kelima ABK yang hilang itu diduga masih berada di dalam kapal.

Seperti diberitakan, imbas akibat tabrakan sesama kapal itu mengakibatkan lima dari delapan awak TB Mitra Jaya yang menarik tongkang (TK) Makmur Abadi 5 hingga saat ini hilang belum ditemukan. Kelima ABK itu diantaranya Fakhtur (48), Himawan (27) Arif Maulana (47) Ulil Amri (57), dan Budiantoro (50).

Kasat Polair Polres Gresik AKP Masyhur Ade menuturkan, saat ini pencarian kelima ABK itu masih berlangsung. “Sesuai rencana Basarnas akan mengevakuasi kapal tenggelam yang diduga 5 korban yang diduga masih didalam kapal,” tuturnya, Minggu (24/01/2021).

Ia menambahkan, untuk korban yang selamat telah dievakuasi tim gabungan ke kantor KSOP Gresik. Dua korban selamat TK Makmur Abadi V yakni Agung Dwi P (20), dan Basuni (53). Sementara tiga korban selamat TB Mitra Jaya XIX adalah nahkoda Sharul (45) dan Masinis II Larusman (26) dan Masinis II La Ode Ahmad (20). “Korban masih trauma. Sekarang masih di agen kapal, mungkin besok baru dilimpahkan ke Ditpolair Tanjung Perak oleh KSOP,” imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan penuturan seorang ABK yang selamat dan berhasil dievakuasi Laudy Ahmad Syifa warga asal Sulawesi Tenggara menceritakan saat kejadian kapal tabrakan dirinya langsung meloncat ke laut untuk meyelamatakan diri. “Saya langsung lompat saja ke laut saat kapal mau tenggelam,” ujarnya

Kecelakaan kapal itu teejadi sekitar Bouy-3 terjadi Sabtu 23 Januari 2021 sekitar pukul 03.00 WIB. Saat itu, TB Mitra Jaya XIX dinakhodai Syahrul asal Semarang menarik tongkong (TK) Makmur Abadi-5 berangkat dari Pelabuhan Sungai Puting, Kalimantan Selatan, Senin 11 Januari 2021 sekitar pukul 11.00 WIT.

TB Mitra Jaya XIX dengan delapan awak itu menarik TK Makmur Abadi-5 yang mengangkut minyak kelapa sawit tujuan Gresik. Sekitar pukul 03.00 WIB TB Mitra Jaya XIX itu memasuki APBS tepatnya sekitar anjungan PHE WMO di perairan Gresik.

Bersamaan itu KM Tanto Bersinar melintasi APBS. KM Tanto Bersinar berangkat dari Surabaya. Bagian tali TB Mitra Jaya XIX untuk menarik TK Makmur Abadi-5 diduga tertarik KM Tanto Bersinar. Akibatnya, TB Mitra Jaya XIX miring kemudian terbalik dan tenggelam. Sedangkan, TK Makmur Abadi-5 muat ratusan ton minyak kelapa sawit yang ditarik TB selamat. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar