Peristiwa

Libur Sekolah Karena Corona, Segerombolan Pelajar Ini Malah Balap Liar

Kediri (beritajatim.com) – Petugas Satpol PP Kota Kediri mengamankan seratusan remaja saat menggelar balapan liar sepeda motor di kawasan GOR Joyoboyo, Kota Kediri. Mereka tidak dapat kabur, karena petugas melakukan tapal kuda dari berbagai jalur.

Petugas sempat mencari bala bantuan Polsek Mojoroto dan Satuan Sabhara Polresta Kediri karena banyaknya jumlah remaja yang terlibat dalam kegiatan ilegal tersebut. Setelah berhasil diamankan, para remaja itu kemudian digiring ke Markas Satpol PP yang ada di Jalan Veteran, Kota Kediri.

“Sekaligus kita beri efek jera kepada mereka. Kita limpahkan penangananya ke pihak berwajib. Mereka menggelar balapan liar tidak sekali ini, sudah sering sebelumnya ,” Kata Nurkamid selaku Kabid Trantibum Satpol PP Kota Kediri, Selasa (31/3/2020) .

Dari seratusan remaja yang terjaring razini setelah didata ternyata masih berstatus pelajar SMP hingga SMA. Satpol PP menyayangkan aksi tersebut, karena pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan sudah mengambil kebijakan untuk meliburkan sekolah sementara waktu terkait pendami wabah virus corona. Para pelajar justru berkumpul bersama menggelar balapan liar.

“Padahal di edaran Dinas Pendidikan mereka diliburkan untuk isolasi diri harapannya tinggal di rumah saja , tetapi justru membentuk sekumpulan untuk menggelar balapan liar. Kita kan tidak tau kalau di antara sekumpulan terinfeksi virus atau tidak , maka itu kita cegah dan kita antisipasi bersama, ” imbuhnya.

Sekumpulan remaja badung dianggap menganggu ketertiban umum dan meresahkan masyarakat. Penertiban ini mengacu pada Perda Nomor 1 tahun 2016. Disamping itu juga mereka telah dianggap telah melanggar surat edaran wali kota tentang pencegahan endemi virus corona tidak boleh berkumpul dan bergerombol.

Petugas juga melakukan pemeriksaan terkait kelengkapan surat kendaraan bermotor mau pun kendaraan yang tidak sesuai spesifikasi. Mereka yang melanggar peraturan lalu lintas langsung dilakukan penindakan dilokasi. Yang terdata ada sebanyak 143 orang penonton maupun yang ikut balapan liar terjaring. Bahkan, satu di antaranya perempuan. Sementara kendaraan yang berhasil diamankan oleh petugas berjumlah 99 unit. [nm/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar