Peristiwa

Libur Nataru, Tol Jomo Terapkan 3E dan 3M

Kendaraan di gerbang tol Jombang [dok/beritajatim]

Jombang (beritajatim.com) – ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto (ASTRA Tol Jomo) melakukan berbagai persiapan agar pengendara yang melintasi di tol Jomo (Jombang – Mojokerto) aman dan nyaman selama liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Untuk itu, jalur sepanjang 40,5 km yang menjadi bagian dari Tol Trans Jawa ini melakukan kampanye 3E dan 3M. Kampanye 3E berkaitan dengan bulan keselamatan berkendara dengan skema Engineering, Education dan Enforcement.

Dari sisi engineering, dalam rangka menyambut libur Nataru, Tol Jomo mengoptimalkan infrastruktur yang menunjang keselamatan pengguna jalan seperti wire rope, anti-glare, rumble strip, serta perambuan.

“Juga layanan jalan tol seperti 3 unit patroli lalu lintas, 1 unit rescue, 2 unit ambulance, 4 mobil derek telah siap siaga 24 jam,” ujar Ketua Renpam Natal dan Tahun Baru, Arif Budiman pada acara Virtual Media Gathering, Senin (21/12/2020).

Arif Budiman mengatakan, meski di tengah pandemi, Tol Jomo tetap memberi pelayanan terbaik untuk pengguna jalan. Seluruh fasilitas yang ada dioperasikan sesuai protokol kesehatan. “Kami melayani pengguna jalan dengan penerapan protokol pencegahan dan penanganan COVID-19 ketat,” sambungnya.

Salah satunya pada layanan transaksi yang mengoptimalkan 15 gardu dan 5 mobile reader demi menghindari kontak fisik langsung. Kemudian menyediakan fasilitas mitigasi COVID-19 seperti ruang observasi sementara, posko kesehatan dan tempat cuci tangan di seluruh rest area telah tersedia.

“Kami juga menerapkan pembatasan kapasitas pengunjung rest area sebanyak 50 persen. Imbauan penerapan 3M (menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker) pada pengguna jalan kami lakukan melalui Variable Message Sign( VMS) yang berada di 3 titik,” katanya.

Kepala Departemen Operasi, Pemeliharaan dan Komunikasi Publik Astra Tol Jomo, Udhi Dwi Saputro mengatakan, selain itu, ada fasilitas tambahan di rest area. Diantaranya adalah SPBU Modular yang berada di rest area Teras Melati KM 695 A dan isi ulang nitrogen yang berada di rest area KM 678 A dan KM 695 B.

Pengguna jalan juga dapat mengisi uang elektronik di minimarket dan ATM yang tersedia di seluruh rest area yang berada di tol Jombang-Mojokerto. “Pengguna jalan juga dapat menghubungi Call Center di (0321) 888123. Jalan tol sepanjang 40,5 km ini juga dipantau oleh unit kamtib dan satuan PJR Polda Jatim III,” jelas Udhi.

Menurut Udhi, puncak Natal diprediksi jatuh pada 27 Desember 2020, sedangkan Tahun Baru pada 31 Desember 2020. Dibandingkan tahun 2019, periode Nataru tahun ini mengalami penurunan lalu lintas sebesar 35 persen. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar