Peristiwa

Level II dan Terus Erupsi, Gunung Bromo Tetap Aman dan Menawan

Malang (beritajatim.com) – Meski dilaporkan terus mengalami erupsi, Gunung Bromo tetap aman untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Keindahan alam gunung Bromo yang berada di Taman Nasional Tengger Semeru ini tidak menyurutkan giat wisata yang ada pada kawasan ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Selasa (19/3/2019) tepatnya pada pukul 06.00 -12.00 WIB gunung Bromo telah mengalami lima kali letusan.

Letusan tersebut terlihat dari asap kawah yang bertekanan sedang hingga kuat. Asap abu-abu dan hitam juga terlihat hingga ketinggian 900 – 1.500 Meter dari puncak kawah. Sebelumnya dilaporkan juga pada Senin (18/3) pukul 00.00 hingga 24.00 WIB, aktivitas gunung Bromo meningkat drastis dengan 28 kali letusan dan amplitudo 25-34mm selama 17,889 detik. Sedangkan guncangan (tremor) tercatat pada angka 0,5 – 30mm, dominan 2 mm.

Humas BNPB, Sutopo Purwo menginfokan kondisi gunung Bromo terkini melalui akun instagramnya, @sutopourwo. Menurutnya, gunung Bromo hampir setiap hari erupsi dan statusnya ada di level II (waspada). Masyarakat baik itu pengunjung/pedagang/ penjaga yang ada di sekitar kawasan tersebut agar tidak memasuki kawasan dalam radius 1 KM dari kawah aktif Gunung Bromo.

Selain itu, pria yang pernah mendapat pergahrgaan dari Presiden Jokowi ini juga menghimbau, meskipun tetap aman untuk dikunjungi wisatawan atau warga lokal, dianjurkan untuk menggunakan masker dan kacamata untuk menghindari abu vulkanik.

“Aktifitas gunung Bromo masih terhitung normal. Sebaran asap ataupun abu vulkanik juga belum mengganggu jalur penerbangan, khususnya bagi Bandara Abdurrahman Saleh Malang sehingga aktifitas penerbangan masih normal seperti sediakala,” terangnya. (juf/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar