Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Lestarikan Permainan Tradisional, Kota Batu Gelar Festival Egrang

Para peserta festival egrang saat tampil di depan Wali Kota Batu

Batu (beritajatim.com) – Kelompok Kerja Guru Olahraga (KKGO) Kota Batu menggelar festival egrang sebagai bentuk pelestarian pada permainan tradisional. Festival tersebut berlangsung sangat meriah, Selasa (30/8/2022) siang. Festival Egrang diikuti ratusan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD)/MI. Mereka memakai kostum unik dan baju daerah.

Kegiatan ini diawali pembentangan bendera merah putih sepanjang 77 meter dan berjalan dari titik start di Warung WoW hingga finish di depan Balaikota Among Tani, Kota Batu. Pembentangan bendera raksasa dilakukan puluhan guru yang tergabung KKGO Kota Batu.

Ketua Panitia Festival Egrang, Rudi Handoko menjelaskan, Festival Egrang tahun 2022 melibatkan kurang lebih seribu anak-anak dari tingkat sekolah dasar. “Total peserta ada 800 anak. Lalu kalau guru ada 48 orang. Kami sengaja menggunakan egrang untuk melestarikan permainan tradisional yang mulai ditinggalkan generasi sekarang. Ini kembali kita kenalkan sejak dini. Khususnya bagi para pelajar,” terang Rudi Handoko.


Dia berharap festival yang telah berjalan beberapa tahun itu dapat lebih semarak dengan menambahkan permainan tradisional lainnya. “Keinginan kami setiap tahun digelar rutin di Kota Batu saat Hari Kemerdekaan. Tujuannya, agar anak-anak semakin mengenal permainan tradisional dan bisa mengurangi gadget,” pungkasnya. [dan/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev