Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Lepas Keberangkatan 449 Jemaah Haji Kloter 1 Jatim, Wapres: Jangan Banyak di Pasar

Wakil Presiden Maruf Amin Lepas Jemaah Haji Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Presiden Maruf Amin melepas keberangkatan 449 jemaah haji kloter 1 Jawa Timur ke Tanah Suci. Pelepasan dijalankan di sela kunjungan Maruf ke beberapa daerah di Jatim.

“Alhamdulillah, hari ini ada pemberangkatan menuju Baitillahil Haram mengerjakan haji,” ujar Maruf melepas keberangkatan jemaah di Bandara Internasional Juanda, Sabtu (4/6/2022).

Maruf bersyukur akhirnya jemaah haji Indonesia bisa berangkat menunaikan rukun Islam kelima setelah dua tahun lamanya tidak ada pemberangkatan. Arab Saudi meniadakan penyelenggaraan ibadah haji untuk jemaah asing selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Karena itu, Maruf berpesan kepada jemaah haji untuk menjaga kesehatan. Ini mengingat Covid-19 belum sepenuhnya hilang.

Selain itu, dia mengingatkan jemaah untuk tidak banyak di luar ruangan. Saat ini Saudi sedang mengalami musim panas.

“Nanti bapak-bapak, ibu-ibu jangan keluyuran, jadi panasnya agak tinggi, supaya menjaga diri,” kata dia.

Tak hanya itu, Maruf juga berpesan agar para jemaah menjalankan seluruh prosesi ibadah haji dengan baik. Dia meminta jemaah tidak sering mengunjungi pasar dan pertokoan.

“Jangan banyak-banyak di pasar, jangan banyak-banyak di toko,” kata dia.

Dia pun menekankan agar para jemaah menghabiskan waktu lebih banyak di Masjidil Haram ketimbang di pusat perbelanjaan. Sehingga jemaah benar-benar mendekatkan diri kepada Allah.

“Supaya hajinya menjadi haji yang mabrur,” kata dia.

Dalam pelepasan ini, Maruf didampingi Ibu Wapres Wury Estu Handayani, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali, dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (put/beq)


Apa Reaksi Anda?

Komentar