Peristiwa

Legenda Harmonika Gresik Amang Genggong Tutup Usia

Seniman harmonika (Alm) Amang Genggong (Kanan) saat dijenguk Ketua DPRD Gresik

Gresik (beritajatim.com)– Kabar duka datang dari dunia seni. Legenda harmonika asli Gresik, Amang Abdurrahman Chadry atau lebih akrab dikenal nama Amang Genggong tutup usia, Jumat sore (17/7/2020).

Meninggalnya Amang Genggong tersebar cepat di grup WhatsApp maupun media sosial lain. “Iya benar, beliau tutup usia,” ujar Kris Adji, salah satu seniman Gresik.

Kris yang juga penulis buku biografi Amang Genggong itu menceritakan, sebelumnya almarhum sakit selama dua bulan setelah terjatuh dari sepeda onthel kesayangannya. “Habis terjatuh dari sepeda lalu sakit, sempat kondisinya juga membaik. Tapi dia sudah dipanggil sama sang khalik,” ucapnya.

Dalam perjalanan hidupnya, Amang Genggong dikenal sangat mahir dalam memainkan alat musik tiup harmonika. Kemahirannya bahkan bisa memainkan tiga nada sekaligus yakni melodi, bas dan ritem, dalam satu harmonika.

Selain beberapa kali menjuarai lomba harmonika tingat nasional yang digelar di salah satu radio di Surabaya, Amang juga pernah berkolaborasi dengan musisi jazz kenamaan Bobby Chan (sebelum meninggal) dalam sebuah konsernya.

Sementara itu, Ketua DPRD Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) yang sebelumnya sempat menjenguk almarhum mengaku kaget mendengar kabar wafatnya Amang Genggong. Dirinya merasa kehilangan karena Amang Genggong merupakan salah satu legenda harmonika yang asli orang Gresik.

Selain itu, masih menurut Gus Yani, semasa hidupnya almarhum dikenal selalu ceria dan suka bercerita. Tak jarang Gus Yani kerap disapa saat bertemu di depan kantor DPRD Gresik maupun di jalan raya. “Jujur saya sangat kehilangan. Almarhum gemar menyapa kalau bertemu di kantor dan jalan,” kata Gus Yani.

Sebelumnya, Gus Yani juga sempat mengirimkan tulisannya ke media yang menceritakan sosok Amang Genggong saat menjenguk ke rumahnya. Cerita Ketua DPRD Gresik ini sempat viral di media sosial Gresik karena mengundang rasa empati netizen terhadap seniman harmonika itu. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar