Peristiwa

Ledakan di Mojokerto Dipicu Gas Elpiji Bocor

Kapolresta Mojokerto, AKBP Rofiq Ripto Himawan ke lokasi ledakan di rumah Jalan Karyawan Baru No 51, Kelurahan Sentanan Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Ledakan di rumah Jalan Karyawan Baru No 51, Kelurahan Sentanan Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto, Minggu (12/9/2021) dini hari dipicu gas elpiji yang bocor. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa di rumah milik Oentoro Wibowo (75).

Kapolresta Mojokerto, AKBP Rofiq Ripto Himawan mengatakan, ledakan terjadi sekitar pukul 00.30 WIB. “Rumah itu milik Oentoro Wibowo, 75 tahun. Pada saat kejadian, pemilik rumah bersama istri sedang tidur di kamar. Sementara anak laki-lakinya, Riki Wibowo di kamar menonton YouTube,” ungkapnya.

Masih kata Kapolresta, berdasarkan informasi yang disampaikan oleh warga sekitar bahwa bunyi ledakan terdengar sebanyak dua kali. Ledakan pertama terdengar sangat keras dan ledakam yang kedua tidak begitu keras. Akibat ledakan menyebabkan tembok belakang rumah retak.

“Jendela dalam dan depan rumah kaca pecah serta tralis jendela lepas, seluruh kaca pecah berhamburan. Pintu dapur terbuat terpental, pindah posisi kurang lebih 5 meter k earah selatan. Atap plafon jebol dan rusak di beberapa sudut. Tim Labfor Polda Jatim ke lokasi,” katanya.

Kapolresta Mojokerto, AKBP Rofiq Ripto Himawan ke lokasi ledakan di rumah Jalan Karyawan Baru No 51, Kelurahan Sentanan Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. [Foto: istimewa]
Kapolresta menjelaskan, hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) bersama Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur dan Tim Inafis Satreskrim Polresta Mojokerto mendapat fakta di lapangan. Terjadi ledakan dari gas elpiji yang bocor dan terpicu oleh arus pendek listrik yang ada di otomatis mesin pompa air.

“Di TKP nihil bahan peledak. Ledakan berasal dari gas elpiji yang bocor dan terpicu oleh arus pendek listrik yang ada di otomatis mesin pompa air,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Humas Polresta Mojokerto, Ipda MK Umam menambahkan, dari lokasi kejadian diamankan tabung LPG ukuran 12 kg warna pink dan kerangka kompor gas. “Tidak ada korban jiwa, pemilik rumah juga sudah diminta keterangan di kantor (Polresta Mojokerto, red),” tambahnya. [tin/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar