Peristiwa

Kali Lamong Meluap Lagi

Lebaran Keempat, Banjir Landa Gresik Selatan

Gresik (beritajatim.com) – Memasuki Lebaran hari keempat, Kali Lamong yang melintas di Gresik Selatan kembali meluap. Akibat meluapnya Kali Lamong tersebut, beberapa desa terendam banjir. Sejumlah desa seperti Desa Wotansari, Kecamatan Balongpanggang, dan Desa Sedapur Klagen, Kecamatan Benjeng mulai terendam.

Sekretaris Desa Wotansari, Kasman menuturkan, air Kali Lamong mulai sejak pukul 03.00 WIB dini hari dan saat ini sudah menggenangi jalan poros desa.

“Airnya sudah melewati balai desa yang berjarak 1 kilometer dari kali Lamong,” ujarnya, Rabu (27/05/2020).

Ia menambahkan, luapan Kali Lamong kerap kali terjadi saat musim hujan. Sehingga, masyarakat telah mengantisipasinya dengan meninggikan rumah mereka.

“Banjir seperti ini sudah sering terjadin dan masyarakat sendiri sudah terbiasa,” imbuhnya.

Masih menurut Kasman, wilayah yang paling parah terdampak adalah Dusun Tlatah yang berjarak 300 meter dari kali Lamong. Ada sekitar 15 rumah warga yang seluruh permukaannya terendam air, sedangkan sekitar 50 rumah warga hanya tergenang di halaman dan dapur.

“Dusun Tlatah memang dekat dengan bantaran Kali Lamong. Sebab, dari seluruh desa ada 15 rumah yang benar-benar terendam,” ungkapnya.

Kendati terdampak banjir, beruntung banjir kali ini tidak merendam seluruh permukaan sawah, sehingga petani di Desa Wotansari tak sampai gagal panen. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar