Peristiwa

Laznas LMI dan Pemerintah Jatim Beli 5.000 Ton Beras Petani Lokal

Surabaya (beritajatim.com) – Sebanyak 5000 ton beras dibeli oleh Laznas LMI, Baznas Pusat dan Pemerintah Jatim dalam program Peduli Tani Nusantara. Program Peduli Tani Nusantara merupakan bentuk respon kepedulian kepada petani kecil nusantara untuk peningkatan kesejahteraan petani kecil.

Beras yang dibeli oleh Laznas LMI, Baznas dan Pemerintah Jatim akan dimanfaatkan dan menfasilitasi zakat fitrah. Agung Wijayanto, Presiden Direktur Laznas LMI mengatakan bahwa gerakan membeli beras dari petani ini juga dibarengi dengan pemberian harga yang layak dan tambahan subsidi sehingga tidak merusak harga beras di pasaran.

“Ini saatnya Indonesia bangkit dari dunia perzakatan. Zakat fitrah berupa beras maka petani pun harus diberdayakan khususnya petani kecil. Maka dari itu gerakan membeli 5000 ton beras dari petani kecil bukan hal asing bagi kami, kami harap hal seperti ini bisa ditiru oleh banyak pihak,” ujar Agung, Kamis (8/4/2021).

Selain gerakan Peduli Tani Nusantara, Laznas LMI juga bekerja sama dengan PT Pelindo dalam program Siaga Pangan. Terkait hal itu, sebuah food truck pun diluncurkan. Nantinya food truck ini akan digunakan untuk membagikan makanan ke tempat tempat atau kelompok yang membutuhkan.

“Nantinya food truck ini menyalurkan makanan ke anak anak yatim, ke lokasi bencana dan sebagainya. Selama ini kan kami tidak punya armada food truck jadi kami kesulitan mencapai lokasi bencana yang aksesnya sulit. Dengan food truck yang di desain mampu menembus medan sulit, diharapkan keberlangsungan pangan bisa dijalankan bagaimanapun situasinya,” terang Edi Priyanto, Direktur SDM Pelindo. [adg/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar