Peristiwa

Layang-Layang Jadi Pemicu Pemadaman Listrik di Pamekasan

Salah satu petugas PLN Pamekasan membawa layang-layang yang nyangkut di jaringan listrik Desa Laden, Pamekasan, Rabu (24/6/2020) malam.

Pamekasan (beritajatim.com) – Jaringan aliran listrik di kabupaten Pamekasan, seringkali mengalami gangguan dan tidak jarang juga mengakibatkan pemadaman secara bertahap. Bahkan kondisi tersebut tidak hanya terjadi di wilayah pedesaan, tetapi juga di perkotaan.

Pemadaman secara bergilir juga seringkali dilakukan PLN karena proses perbaikan sistem jaringan, termasuk akibat bencana alam seperti angin kencang, pohon tumbang dan lainnya. Tidak terkecuali pemadaman juga dilakukan akibat gangguan tali layang-layang.

Hal tersebut terjadi sekitar pukul 19:00 WIB, Rabu (24/6/2020). Di mana sejumlah wilayah perkotaan atau wilayah Kecamatan Pamekasan, gelap gulita akibat gangguan layang-layang yang nyangkut di kabel jaringan PLN di Desa Laden, Kecamatan Pamekasan.

“Salah satu penyebab padamnya aliran listrik adalah layang-layang, seperti penyebab padam yang barusan. Ada layangan yang jatuh di jarringan SUTM 20 KV PLN di desa Laden (Pamekasan),” kata Supervisor Teknik ULP 3 PLN Pamekasan, Yopphy Nugroho kepada beritajatim.com.

Salah satu himbauan PLN tentang bahaya bermain layang-layang di dekat jaringan listrik.

Dari itu pihaknya mengimbau seluruh masyarakat khususnya anak-anak, agar selalu waspada dan berhati-hati ketika bermain layang-layang. Apalagi bermain layang-layang di dekat jaringan kabel PLN yang mengakibatkan jaringan terganggu.

“Dari itu kami mengimbau agar tidak bermain layang-layang di dekat jaringan listrik, sebab akibatnya sangat berbahaya. Kalau bisa silahkan bermain di tanah lapang yang jauh dari jaringan PLN,” imbau Yopphy (sapaan akrab Yopphy Nugroho).

Imbauan tersebut juga dipublis di berbagai jejaring media sosial PLN, salah satunya di aplikasi twitter PLN Distributor Jawa Timur @plndisjatim. Di mana terdapat salah satu postingan berupa gambar tentang bahaya bermain layang-layang di dekat jaringan listrik.

Bahkan pada keterangan gambar juga tertulis; ‘Dear Electrizen, Main layang-layang memang asyik, tapi apabila bermainnya dekat jaringan listrik bisa menjadi bahaya lho Lur. Jadi, main layang-layangnya di tanah lapang yang jauh dari jaringan PLN saja yaa. #PowerBeyondGenerations #ListrikUntukSemua #ListrikUntukRakyat’. [pin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar