Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Launching QRIS Pemulihan Pariwisata, Emil Wagub Jatim: Kita Gas Dengan Penuh Kehati-hatian

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak hadir dalam agenda dalam rangka perluasan penggunaan QRIS untuk mendukung optimisme pemulihan sektor pariwisata yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Selasa (16/11/2021) di Hotel Grand Mercure Malang.

“Pertama, selamat kepada pak wali (Walikota Malang) sudah ada tempat pertemuan yang siap menggelar acara skala besar dan dengan adanya acara ini merupakan satu contoh bagaimana kita akan menjalankan kebangkitan dan pemulihan sektor pariwisata ke depannya,” imbuhnya.

Dalam paparannya, Emil menjelaskan perbedaan kondisi ekonomi yang signifikan pada Triwulan II Tahun 2020 dan Tahun 2021 akibat adanya pandemi Covid-19.

Untuk itu, dalam rangka pemulihan perekonomian khususnya sektor pariwisata, Emil berharap agar fokus dalam penanganan Covid-19 tetap dilakukan dengan sebaik mungkin seperti ketersediaan faskes, testing, vaksinasi dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

“Prasyarat untuk pemulihan ekonomi adalah pengendalian Covid-19, harus tetep ada penangaan Covid-19, gak boleh kita close untuk mengantisipasi situasi-situasi yang tidak kita inginkan,” kata Emil.

Emil juga menekankan kepada semua pihak agar tidak menyalah artikan esensi dari pembukaan sektor pariwisata.

“Ada yang bilang pariwisata ini kan kebutuhan tersier kenapa tidak mendahulukan membuka sekolah dan hal penting lainnya, tolong jangan disalah artikan. Pariwisata ini tersier bagi pengunjung namun primer bagi pelaku dan orang-orang yang menggantungkan hidupnya di dunia pariwisata,” tuturnya.

Selain itu, Emil menyebut pertumbuhan tahunan pada Kuartal III yang diiringi pelaksanaan PPKM Darurat merupakan hal yang tetap harus disyukuri dan berharap pertumbuhan akan lebih cepat di kuartal berikutnya.

“Mudah-mudahan di Kuartal IV kita lebih cepet pertumbuhannya, walaupun akhir tahun kita juga harus hati-hati karena biasanya potensi lonjakan Covid-19 terjadi. Jadi kita gak gaspol, kita gas nya dengan penuh kehati-hatian,” tegasnya.

Terkait penggunaan QRIS, Mantan Bupati Trenggalek ini menyampaikan bahwa Jawa Timur siap mendukung perluasan penggunaan QRIS utamanya dalam sektor pariwisata.

“Dengan penerapan QRIS, UMKM mampu memperluas ‘line of product’ nya. Tadi pak Walikota Malang telah menyampaikan bahwa mendorong pasar-pasar di Kota Malang untuk mengadopsi QRIS, Bank Jatim juga sangat aktif mendukung QRIS, termasuk sekarang membayar pajak menggunakan QRIS, kita waktu itu try out di Tuban yang dicoba oleh Ibu Gubernur,” kata Emil.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Bank Indonesia Jawa Timur, Budi Hanoto mengatakan penyelenggaraan agenda ini merupakan gerakan bangga wisata Indonesia yang diharap menumbuhkan kepercayaan kepada pariwisata termasuk dengan pengadopsian QRIS ini.

“QRIS ini mendukung penerapan protokol kesehatan, tanpa sentuhan disisi lain QRIS ini juga merupakan ekosistem keuangan yang disiapkan dari hulu ke hilir mulai dari merchant sampai konsumen,” pungkasnya. (tok/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan