Peristiwa

Larangan Mudik Dilanggar, Jembatan Suramadu Sisi Surabaya Padat Roda Dua

Jelang Idul Fitri 1442 H atau tepatnya H-1, arus lalu lintas di kawasan Jembatan Suramadu sisi Surabaya penuh dengan pengendara motor yang melaju ke arah Madura.

Surabaya (beritajatim.com) – Meski pemerintah telah menggaungkan larangan mudik untuk menghindarai penyebaran Covid-19 yang ganas, namun sejumlah warga tak bergeming dan tetap mudik ke kampung halaman.

Seperti terlihat saat jelang Idulfitri 1442 H atau tepatnya H-1, arus lalu lintas di kawasan jembatan Suramadu sisi Surabaya penuh dengan pengendara motor yang melaju ke arah Madura. Sementara jalur untuk mobil dan arah menuju Surabaya terlihat sepi.

Berdasarkan pantauan sekitar pukul 16:00 WIB hingga pada 17.57 Wib, jembatan Suramadu terlihat dipenuhi pemudik yang menggunakan kendaraan motor roda dua dengan pelat nomor L dan M. Bahkan kepadatan terjadi di pintu masuk kendaraan roda dua dengan arah dua jalur, terlihat para pengendara mengular hingga sepanjang 5,4 kilometer.

Sementara, jalur dengan arah sebaliknya tampak lengang. Hanya satu atau dua mobil dan motor yang melaju ke arah Surabaya dari Madura.

Menurut Kepala Pos Pengamanan Posko Penyekatan Suramadu (Kapospam), IPTU Sunarto jembatan Suramadu dibuka terbatas hanya untuk kendaraan dengan pelat Surabaya dan sekitarnya yaitu L, dan juga pelat Bangkalan dan Madura yaitu M.

” Petugas akan menghentikan seluruh kendaraan selain kedua pelat ini dan memeriksa kelengkapan dokumen, di antaranya surat keterangan perjalanan, hasil swab Covid-19, atau keterangan sudah vaksin,” ungkap Iptu Sunarto, Rabu (12/5/2021).

Di tambahkan H-1 merupakan puncak arus mudik warga yang akan kembali ke Madura, Sebab, hari raya akan diperingati. Ia memperkirakan terdapat peningkatan arus kendaraan roda dua mencapai 50 persen dibanding arus di hari normal.

Ia juga memprediksi jika arus kendaraan yang akan mudik hanya akan didominasi motor atau roda dua. Sedangkan kendaraan roda empat seperti mobil telah lebih dahulu melewati masa puncak, pada Selasa petang, 11 Mei 2021, kemarin.

Namun sayang kepadatan arus kendaraan roda dua ini tidak diimbangi dengan ketertiban para pengendara kendaraan roda dua, mereka yang seharusnya berjalan pada jalur sepeda motor meringsek masuk ke jalur kendaraan roda empat. [way/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar