Peristiwa

Larangan Mudik 2021, Perbatasan Jatim-Jateng di Tuban Mulai Dijaga 24 Jam

TNI dan Polri mulai melakukan pengamanan penyekatan larangan mudik di perbatasan Jatim-Jateng di Kec Bancar, Tuban, Senin (26/4/2021)

Tuban (beritajatim.com) – Pihak kepolisian dari jajaran Polres Tuban bersama dengan TNI, Satpol PP dan juga Dinas Kesehatan (Dinkes) serta Dishub Kabupaten Tuban menggelar apel dengan skala besar sebagai kesiapan pengawalan adanya larangan mudik tahun ini, Senin (26/4/2021).

Ratusan personil gabungan dari berbagai instansi itu telah disiapkan untuk melakukan penyekatan di wilayah perbatasan Tuban dengan kabupaten lainnya dalam pengamanan larangan mudik 2021 ini.

Terutama adalah penyekatan di wilayah perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah di Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban.

Kegiatan Apel Pasukan itu dipimpin oleh Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein, yang langsung didampingi oleh Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono bersama dengan Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon.

Selain itu juga dihadiri Forkopimda Tuban, Kapolsek Jajaran serta diikuti oleh personil gabungan TNI-POLRI, Dinas Perhubungan dan Satpol-PP Tuban.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Tuban menjelaskan bahwa kegiatan apel gelar pasukan tersebut dilakukan guna memastikan kesiapan personil terkait dengan pelarangan mudik.

Wabup menjelaskan bahwa pelarangan mudik diperpanjang melalui Addendum surat edaran Satgas Penanganan Covid-19 dengan pengecualian terhadap kepentingan urgen dengan beberapa persyaratan.

“Didalam Addendum itu ada aturannya, ada pengecualian terhadap kepentingan yang sangat urgen seperti yang berkaitan dengan distribusi logistik, keluarga ada yang meninggal dunia, alasan perjalanan dinas. Itupun harus lolos persyaratan, minimal Rapid Antigen, untuk Rapid Antigen hanya berlaku sehari, diluar kepentingan itu akan dikembalikan,” jelas Noor Nahar Hussein, Wakil Bupati Tuban setelah kegiatan apel bersama itu.

Kegiatan apel gelar pasukan untuk pengamanan larangan mudik di Mapolres Tuban.[foto: M Muthohar]
Sementara itu, Kapolres Tuban menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan laran Mudik 2021 itu, petugas gabungan akan ditempatkan di dua pos khusus di wilayah perbatasan Jatim-Jateng. Yakni berada di wilayah Kecamatan Jatirogo dan Kecamatan Bancar, Tuban yang merupakan akses masuk wilayah Jawa Timur dari arah Jawa Tengah.

“Kita bagi 3 shift selama 24 jam anggota kita yang kita tugaskan di pos penyekatan. Agar semua masyarakat turut mendukung kebijakan pemerintah terkait larangan mudik tahun ini,” terang AKBP Ruruh Wicaksono.

Adapun terkait dengan keberadaan jalur-jalur tikus atau jalur kecil dari Jawa Tengah menuju Jawa Timur juga akan dilakukan pemantauan secara ketat oleh petugas. Yang mana pihak Polres Tuban sudah perintahkan sejumlah Polsek jajaran untuk melakukan pemantauan dan penjagaan terkait dengan larangan mudik lebaran tahun ini.[mut/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar