Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Songsong Tahun Baru Hijriah dengan Amalan Doa dan Ayat Kursi

Suasana Renungan Muharram dalam acara Detik-detik Pergantian Tahun Baru Hijriah di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, Senin (9/8/2021)

Lamongan (beritajatim.com) – Muharram merupakan bulan yang mulia dalam Islam, bulan di mana Nabi Adam AS diciptakan oleh Allah SWT. Salah satu keistimewaan yang dimiliki bulan Muharram adalah Allah memerintahkan Malaikat untuk mencatat takdir manusia dalam setahun ke depan. Oleh karena itu, awal Muharram adalah waktu yang tepat untuk beribadah dan berdoa sesuai dengan ajaran Al-Quran.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Gus Murobbi Binnur, yang merupakan putra dari Prof Dr KH Abdul Ghofur Pengasuh PP Sunan Drajat Paciran Lamongan, dalam Renungan Muharram pada acara Detik-Detik Pergantian Tahun Baru Hijriah di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, Senin (9/8/2021) sore ini di hadapan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi (YES), Wakil Bupati KH Abdul Rouf (BRO), jajaran Forkopimda Lamongan, para Kiai dan Ulama.

“Amalan doa yang patut diamalkan pada bulan Muharram adalah ayat kursi, yang bermakna tentang keesaan Allah serta kekuasaan Allah yang mutlak atas segala sesuatu, dan bahwa Ia tidak kesulitan sedikitpun dalam memeliharanya. Kita dapat mengamalkannya sesuai jumlah hari dalam satu tahun sebanyak 360 kali atau paling sedikit 21 kali dalam satu hari ini untuk mengawali bulan Muharram,” terang pria yang akrab disapa Gus Obi tersebut kepada hadirin.

Sementara itu, dalam acara tersebut, Bupati YES juga turut mengungkapkan harapan-harapannya bagi Kabupaten Lamongan pada tahun-tahun mendatang. “Meskipun kita masih dalam suasana pandemi Covid-19, mudah-mudahan di tahun-tahun ke depan kita dapat menyongsong Lamongan menuju kejayaannya, Lamongan yang teduh, nyaman bagi siapa saja yang tinggal di sini. Dan tentunya ini sebagai momen evaluasi dan motivasi bagi kita untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi dalam bimbingan dan ridha Allah SWT,” harapnya.

Diketahui, detik-detik pergantian tahun Hijriah 1 Muharram 1443 Hijirah yang dilaksanakan tepat pada pukul 17:32:12 WIB ini bertepatan dengan 10 Agustus 2021 Masehi, yang ditandai secara simbolis dengan ditabuhnya rebana oleh Bupati YES, Wakil Bupati BRO dan jajaran Forkopimda lainnya.

Selain itu, dalam acara ini juga dilakukan pembacaan doa awal tahun yang dipimpin langsung oleh Ketua MUI Lamongan, KH Aziz Khoiri. Dari informasi yang dihimpun, acara ini berlangsung tidak lebih dari 30 menit, yang diikuti secara virtual oleh seluruh Kantor Kecamatan, Masjid dan Mushalla di seluruh penjuru Kabupaten Lamongan. [riq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar