Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Lamongan Dapat Tambahan Ribuan Dosis Vaksin PMK, Disnakeswan: Masih Kurang

Penyaluran dosis vaksin PMK ke ternak sapi di Lamongan. (foto istimewa).

Lamongan (beritajatim.com) – Hingga saat ini, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Lamongan belum melandai. Untuk itu, ribuan dosis vaksin pun kembali digelontorkan ke Kota Soto.

Diketahui, sebelumnya Lamongan telah menerima 7 ribu dosis vaksin pada tahap pertama di awal Bulan Juli. Kini, pada tahap dua Lamongan kembali menerima seribu dosis tambahan setelah dapat 2 ribu dosis vaksin PMK.

Menurut Kabid Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lamongan, Imam Mukhtar, total 3 ribu dosis itu bakal menyasar ke 8 (delapan) kecamatan di Kabupaten Lamongan.


Sedangkan untuk pendistribusiannya, vaksin itu diprioritaskan bagi sapi di Kecamatan Sambeng dengan target 900 dosis, lalu Kecamatan Bluluk dengan 600 dosis, serta Kecamatan Sukorame sebanyak 300 dosis.

Penyaluran dosis vaksin PMK ke ternak sapi di Lamongan. (foto istimewa).

“Kemudian Kecamatan Kembangbahu dan Sugio masing-masing dapat 100 dosis, Kedungpring 500 dosis, Laren 200 dosis dan Modo 300 dosis,” ungkap Imam Mukhtar, pada Rabu (13/7/2022).

Pihaknya juga memastikan bahwa penyaluran 3 ribu dosis vaksin ini dimulai pada hari ini juga. Ia menyebut, vaksin itu menyasar sapi pembibit betina dan anakan (pedet) di zona hijau wabah PMK.

“Ada rencana di Paciran dan Brondong, namun dialihkan ke daerah aman dulu,” imbuhnya.

Penyaluran dosis vaksin PMK ke ternak sapi di Lamongan. (foto istimewa).

Mengenai alasan skema pendistribusian vaksin ini lebih diprioritaskan ke ternak sapi di daerah aman, tutur Mukhtar, sebab daerah yang masih rawan wabah terlebih dahulu dilakukan tindak penanganan.

“Kita selesaikan di zona hijau dulu, baru nanti kalau kondisinya membaik bakal menyasar sapi di zona merah, alasannya agar ketika proses vaksinasi tidak membawa virus PMK,” terangnya.

Dengan tambahan dosis vaksin tersebut, Muhktar menegaskan, sampai hari ini setidaknya vaksin yang telah diterima oleh Lamongan telah berjumlah 10 ribu dosis. Meski begitu, jumlah ini masih dinilai kurang.

“Total, kami telah menerima 10 ribu dosis vaksin PMK. Tentu masih kurang, karena total kebutuhan vaksin di Lamongan mencapai 117 ribu dosis, sesuai dengan total populasi,” tutupnya. [riq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar