Peristiwa

Laka Beruntun di Manyar Gresik Libatkan Tiga Truk

Kecelakaan beruntun kembali terjadi di Jalan Panturan Daendels Gresik. Tepatnya, di pintu keluar Jembatan Sembayat yang menghubungkan wilayah Kecamatan Manyar, dan Bungah., Kamis (22/4/2021)

Gresik (beritajatim.com) – Kecelakaan beruntun kembali terjadi di Jalan Panturan Daendels Gresik. Tepatnya, di pintu keluar Jembatan Sembayat yang menghubungkan wilayah Kecamatan Manyar, dan Bungah.

Laka yang melibatkan tiga truk tersebut sempat menyebabkan arus lalu lintas dari Manyar maupun sebaliknya macet hingga lima kilometer. Beruntung, dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Dua pengemudi truk yang terlibat kecelakaan. Hanya mengalami luka ringan. Sementara kernet truk yang luka parah dilarikan ke rumah sakit.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tabrakan tersebut bermula saat truk tronton
L 8356 UD yang dikemudikan Zainuddin Zuhri (31) warga asal Kecamatan Widang, Tuban, melaju dari utara ke selatan.

Kemudian saat tiba di pintu keluar Jembatan Sembayat. Truk bermuatan batubara itu menabrak truk engkel bak L 8798 CB yang mengangkut galvalum yang dikemudikan oleh Yohanes Sako (37) asal Kupang Nusa Tenggara Timur.

Bersamaan itu, truk engkel bak L 8798 CB sempat banting stir ke kanan untuk menghindari truk didepannya yang sedang parkir. Namun, karena sangat dekat truk ini truk parkir W 9221 UL milik Kusmiran (62) warga Desa Morobakung, Kecamatan Manyar, Gresik. Truk yang ditabrak tersebut terguling. Sementara truk pengangkut galvalum membentur pagar pembatas bahu jalan.

“Awal kejadian ini saat truk yang melaju dari utara menabrak truk muat galvalum berwarna hijau, lalu truk hijau banting ke kanan karena menghindari truk parkir didepannya, tetapi pda akhirnya tetap menabrak hingga truk yang parkir terguling,” ujar Arief salah satu warga setempat yang berada di lokasi kejadian, Kamis (22/04/2021).

Kanit Laka Satlantas Polres Gresik, Ipda Yossy Eka Prasetya menuturkan, penyebab terjadinya tabrakan beruntun melibatkan tiga truk itu diduga akibat truk tronton bermuatan batu bara mengalami rem blong.

“Ada dugaan rem blong kareba truk Toyota Dyna W 9221 UL mogok karena as rodanya patah di pintu keluar Jembatan Sembayat sebelah selatan. Dari arah belakang melaju truk engkel Hino Dutro L 8798 CB yang akan mendahului. Tapi, tiba-tiba dari arah belakang melaju dump truk L 8356 UD yang kehilangan kendali dikarenakan rem blong, dan akhirnya terjadi kecelakaan beruntun,” tuturnya.

Lebih lanjut Yossy menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan beruntun itu. Kendati satu kernet truk engkel L 8798 CB pengangkut galvalum dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami luka parah di bagian telinga kiri. Sementara tiga truk lainnya diamankan sebagai barang bukti.

“Tiga truk yang terlibat kejadian kecelakaan sudah diamankan sebagai barang bukti. Untuk proses evakuasi membutuhkan waktu karena harus menggunakan alat berat,” tandasnya. (dny/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar