Peristiwa

Lahan Rongsokan di Gresik Ludes Terbakar

Gresik (beritajatim.com) – Kejadian kebakaran kembali lagi di wilayah Kota Gresik. Kali ini, menimpa lahan rongsokan yang berada di Jalan Arif Rahman Hakim Gang 8 Gresik yang ludes terbakar.

Diduga, penyebab kebakaran itu akibat bakar-bakar sampah api yang merembet ke gerobag yang berada di lokasi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan. Tempat rongsokan sampah tersebut dikelolah oleh Yahya. Sebelum kejadian kebakaran ada dugaan dirinya membakar sampah namun lupa mematikan api. Sehingga, api merembet ke gerobag lalu api semakin membesar.

Tiga gerobag yang diparkir tempat tersebut ikut ludes terbakar. Bahkan, satu unit motor juga ikut terbakar. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Menurut saksi mata Ngaryono (55) menuturkan, sebelum api membesar dirinya dibantu sama warga lain berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, adanya angin yang cukup kencang membuat api tidak bisa dipadamkan. Sehingga, meminta bantuan ke petugas pemadam kebakaran (Damkar).

“Kejadiannya sangat cepat, tiba-tiba api membesar lalu menyambar gerobag yang diparkir,” ujarnya, Selasa (11/06/2019).

Kepala Pemadam Kebakaran (PMK) Gresik, Eka Prapangasta menyatakan penyebab kebakaran disebabkan oleh api dari bakar-bakar sampah.

“Penyebabnya dari bakar-bakar sampah. Ditambah di dalam gerobag ada gas elpiji sehingga api membesar,” ungkapnya.

Ia menambahkan, butuh waktu satu jam untuk memadamkan api yang melalap tempat rongsokan sampah.”Api sudah kami padamkan dan petugas kami terus melakukan pembasahan supaya api tidak muncul lagi,” tandasnya. [dny/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar