Peristiwa

Lahan Kosong di Hutan Jati Tuban Dilalap Api, 2 Truk Ikut Terbakar

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah warga yang tinggal di kawasan Dusun Jembel, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban dibuat panik dengan peristiwa kebakaran hebat terjadi di semak-semak lahan dengan tanaman pohon Jati yang dekat dengan pemukiman warga setempat, Kamis (27/8/2020).

Akibat kebakaran itu, dua kendaraan truk tronton bermuatan semen yang sedang parkir di dekat lahan kosong tersebut juga sempat terbakar pada bagian belakangnya. Beruntung api yang membakar dua truk tronton bermuatan semen itu berhasil dipadamkan oleh sejumlah warga yang ada di lokasi.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, kejadian kebakaran semak-semak yang terdapat tanaman jati dan juga gubuk-gubuk itu pertama kali diketahui oleh warga yang melintas di sekitar lokasi. Yang mana saat diketahui oleh seorang ibu-ibu yang kebetulan lewat itu api sudah dalam kondisi membesar membakar rumput dan juga gubuk di lokasi.

“Tadi itu ada ibu-ibu yang lewat terus teriak ada kebakaran. Kemudian saya langsung keluar dan ternyata apinya sudah membesar itu, saya juga panik teriak minta tolong,” ujar salah satu warga yang ada di lokasi kejadian kebakaran itu.

Setelah mendengarkan teriakan sejumlah warga, dua orang pekerja yakni sopir dan mekanik yang ada di lokasi tempat parkir kendaraam truk pengangkut semen tersebut langsung keluar dari dalam lokasi gudang yang dekat dengan kebakaran itu. Kemudian mereka panik lantaran api sudah semakin membesar dan sudah membakar dua truk yang parkir.

“Saya dengar suara kratak-kratak, tapi tidak menyangka kalau kebakaran. Setelah ada orang yang memberitahu baru saya keluar,” ujar Wasis Hartono, salah satu pengemudi truk yang parkir di lokasi tersebut.

Pada saat terjadinya kebakaran, di lokasi tempat parkir itu terdapat beberapa kendaraan truk tronton bermuatan semen itu yang sedang parkir. Sejumlah warga dan juga sopir yang ada di parkir itu langsung berusaha memadamkan api yang membakar truk dan menjauhkan truk-truk dari lokasi kebakaran itu.

“Saya panik kesana-kemari mencari bak untuk memadamkan api yang membakar truk itu. Ada dua truk yang terbakar, tapi untungnya hanya pada bagian belakangnya saja dan beberapa ratus sak semen yang ada di kendaraan,” tambahnya.

Sementara itu, sebanyak dua unit PMK dan satu kendaraan tangki penyuplai air dari Badan Penunggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban yang mendapatkan laporan langsung datang di lokasi kejadian kebakaran itu. Dalam wakgu kurang dari setengah jam petugas PMK BPBD Tuban akhirnya berhasil memadamkan api yang membakar semak-semak dan pohon jati tersebut.[mut/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar