Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Lahan Kosong di Sukomanunggal Surabaya Terbakar

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya saat memadamkan kebakaran sampah di lahan kosong Jalan Darmo Harapan, Sukomanunggal, Surabaya, Minggu (30/5/2021).(Damkar)

Surabaya (beritajatim.com) – Petugas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya memadamkan sampah terbakar di lahan kosong Jalan Darmo Harapan, Sukomanunggal, Surabaya, Minggu (30/5/2021). Kebakaran lahan yang mencapai 2.000 meter persegi ini diduga karena ulah warga yang membakar sampah di sekitar alang-alang.

Walhasil petugas Damkar harus memadamkan api di lahan milik PT Maspion itu guna mengantisipasi perambatan ke rumah warga di sekitar. Karena tanpa pengawasan, pembakaran sampah pun menjalar ke rumput liat yang mulai mengering saat memasuki musim kemarau 2021 ini.

Bambang Vistadi Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya menjelaskan, sampah seharusnya tak dibakar. Sebab, jika dibakar tanpa ada perhirungan dan pengawasan akan menyebabkan merembetnya api dan membakar alang-alang atau bahkan rumah.

“Sehingga membakar sampah sangat tidak dianjurkan. Apalagi ada Perda tendang larangan pembakaran sampah, sehingga pembakaran samoah di Kota Surabaya memang dilarang,” jelasnya kepada beritajatim.com.

Lebih lanjut Bambang Vistadi menjelaskan, meski tak membawa korban jiwa, kebakaran lahan kosong ini cukup merepotkan petugas. Sebab, lahan yang terbakar luasanya cukup lebar yakni ukuran 20 meter kali 100 meter. Sementara saat ditanya berapa unit mobil pemadam diterjunkan, petugas menyampaikan ada dua unit mobil damkar dengan personil sekitar 10 orang.

Petugas melokalisir api di lahan yang akan kering ini dengan pembasahan. Kemudian mengemadamkan api melalui titik api yang membara. Langkah ini cukup efektif mencegak perembetan sekaligus pemadaman api pokok yang besar.

“Kita kerahkan dua unit dan 10 personil kurang lebihnya. Pemadaman tak mencapai 40 menit api pokok sudah padam. Strategi pemadaman lahan terbakar masih efektif jadi pemadaman pun cukup cepat,” tandasnya. [man/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar