Peristiwa

Lahan Jati di Palengaan Terbakar

Pamekasan (beritajatim.com) – Lahan pohon jati di lereng bukit Dusun Mangkon, Desa Rekkerek Temor, Kecamatan Palengaan, terbakar diduga akibat kelalaian warga yang membakar sampah di area lahan setempat, Senin (2/9/2019) malam.

Peristiwa tersebut mengagetkan warga sekitar, sebab kobaran api terus membesar dan merembet ke area lain dan mulai mendekati pemukiman warga. Bahkan tim pemadam kebakaran dibantu BPBD, relawan hingga masyarakat, belum mampu menjinakkan api.

“Kami memadamkan api dengan cara manual, sebab selang tangki tidak cukup untuk mencapai lokasi kejadian. Apalagi lokasinya juga di lereng bukit,” kata SVR BPBD Pamekasan, Budi Cahyono kepada beritajatim.com.

Namun berkat kerja keras dari tim dibantu masyarakat setempat, akhirnya api bisa dipadamkan dengan waktu relatif lama. “Pada kejadian ini, kita menerjunkan satu tangki mobil BPBD dan satu unit rescue Rapi Pamekasan,” ungkapnya.

Disinggung soal penyebab kebakaran, pihaknya menduga akibat human error dan api terus menyala tanpa bisa dipadamkan. “Dugaan akibat ada warga yang membakar sampah atau daun kering di sekitar lokasi, sehingga api menjalar ke area lain hingga ke lereng bukit,” jelasnya.

“Untuk korban nihil, termasuk korban jiwa maupun materil juga nihil. Saat ini api sudah berhasil dipadamkan dan petugas sudah melakukan pembasahan lokasi kejadian,” imbuhnya.

Dari itu pihaknya mengajak seluruh masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana, khususnya bencana kebaeakan di musim kemarau seperti saat ini. “Jadi kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada, dan berhati-hati ketika membakar sampah dan lainnya. Tujuannya untuk menghindari kejadian sepeti saat ini,” harapnya. [pin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar