Peristiwa

Lagi, Website Sekretariat Kabinet RI Kena Hack

Surabaya (beritajatim.com) – Situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia yang beralamat di www.setkab.go.id dibobol hacker. Dari pantauan beritajatim.com Sabtu (31/7/2021) pagi, halaman depan web ini di-deface atau diubah tampilannya dengan halaman lain.

Menyisakan favicon bergambar lambang negara, peretas menempel pesan ‘Zyy was here’. Sementara di halaman depan terpampang pesan ‘Kekacauan Dimana Mana, Indonesia Sedang Tidak Baik Baik Saja. Rakyat Harus Dirumah Tanpa Ada Dispensasi dan Kompensasi Apapun Yang Membuat Rakyat Indonesia Merasa Stress Dan Depresi. Penguasa Menikmati Dunia nya Sendiri Dengan Gaji Yang Mengalir Tiap Hari. Dimana Keadilan Di Negara Ini?’.

Melengkapi pesan ini, hacker juga memajang foto Lutfi Alfiandi, pelajar yang ikut melakukan aksi tolak RKUHP di belakang Gedung DPR/MPR, Palmerah, Jakarta Barat 2019 lalu.

Kasus deface website Setkab.go.id ini ternyata bukan yang pertama. Akhir tahun 2015, situs ini juga pernah dihack dengan merubah tampilan website menjadi page beranimasi dengan latar belakang hitam. Kasus serupa juga terjadi pada tahun 2008. Saat itu hacker meninggalkan pesan ‘Merdeka Tapi Bingung’ di halaman depan. [hdl/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar